Breaking News
Home » Barista » Tips Seduh Kopi Ala Turkish Coffee
Tips Seduh Kopi Ala Turkish Coffee
Credit : BBC turkish coffee

Tips Seduh Kopi Ala Turkish Coffee

Tips Seduh Kopi Ala Turkish Coffee – Ada banyak cara dan metode yang dapat digunakan dalam menyeduh secangkir kopi yang nikmat dan tentu saja, setiap metode yang digunakan akan memberikan keunggulan tersendiri untuk kopi yang disajikan. Namun yang paling penting, seperti apapun metode yang digunakan dalam menyeduh kopi, tetap harus bisa mempertahankan karakter kopi dan cita rasa serta aroma khas yang ada pada kopi itu sendiri.

Begitu pula dengan metode seduh ala Turkey. Bagi penggemar setia kopi, tidak ada salahnya sejanak untuk menikmati secangkir kopi yang diseduh dengan metode ala Turkey ini. Penyeduhan kopi dengan metode ini menggunakan cezve (dibaca ‘jezz-va’) yaitu berupa pot yang terbuat dari tembaga, sehingga dapat menjadikan kopi yang diseduh dengan cara tradisional ini akan memiliki tekstur yang kental dengan cita rasa yang sangat kuat pula.

Untuk menyeduh kopi dengan metode ini, menggunakan beberapa alat yang dibutuhkan, berupa: cezve (Turkish pot), air, bubuk kopi, gula, stove, pemanas atau gas burner, wood stirrer. (Baca juga : Sensasi Rasa Kopi Peaberry)

Tips Seduh Kopi Ala Turkish Coffee
Credit : go Turkey tourism

Cara menyeduhnya:

  • Masukkan bubuk kopi yang digiling halus, akan lebih halus bila level kehalusannya lebih dari espresso, masukkan gula secukupnya, air yang tidak lebih dari setengah wadah dengan suhu sekitar 75oC-80oC ke dalam cezve.
  • Aduk-aduk dengan menggunakan sendok kecil, agar semua bahan yang dicampurkan dapat rata dengan baik di dalam cezve.
  • Tambahkan air panas hingga memenuhi hampir seluruh cezve. Lalu panaskan kopi di atas kompor sekitar 4 menit. Perlu dijaga agar kopi tidak sampai mendidih.
  • Setelah kopi mulai hangat, akan ada buih atau foam yang cukup tebal di atas permukaannya, biasanya foam akan timbul bila suhu di level 70o
  • Sediakan terlebih dahulu cangkir yang digunakan sebagai wadah kopi yang diseduh sebelum kopi dituangkan.
  • Bila sudah mendekati proses mendidih yang ditandai dengan munculnya banyak gelembung di permukaan, pindahkan buih kopi terlebih dahulu ke dalam cangkir.
  • Kemudian panaskan kembali, lalu masukkan ke dalam cangkir sampai sepertiga penuh.
  • Setelah itu kopi siap dinikmati.

Ada baiknya menyediakan cemilan manis atau secangkir air putih sebelum menikmati kopi ini, karena body yang kental dan rasa yang kuat atau rasa pahit yang ada pada kopi ini. Tentu saja bila penikmat kopi ala Turkey ini kurang menyukai rasa pahit. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »