Breaking News
Home » Barista » Jenis Filter Seduh Kopi yang Sering Digunakan
Jenis Filter Seduh Kopi yang Sering Digunakan
Credit : puteriputeri.com

Jenis Filter Seduh Kopi yang Sering Digunakan

Jenis Filter Seduh Kopi yang Sering Digunakan- Filter seduh atau saringan menjadi salah satu bagian alat seduh yang paling penting, terutama untuk orang-orang yang lebih suka menikmati kopi tanpa terganggu dengan bubuk kopi. Jenis filter kopi yang paling sering digunakan adalah filter seduh kain, filter seduh kertas, dan filter seduh berbahan logam (aluminium atau stainless steel).

Filter kain sampai saat ini masih sering ditemukan di kedai kopi di pinggir jalan. Selain harganya yang murah dan mudah digunakan, kedai kopi tersebut sangat jarang menyediakan sajian kopi lain yang prosesnya lebih rumit, seperti espresso dan teman-temannya. Kekurangan dari filter ini adalah masih terdapat bubuk kopi halus yang lolos dari filter karena serat kain yang tidak rapat.

Filter kertas mulai terkenal sejak 1908, atas ide dari seorang ibu yang kesal karena masih menemukan bubuk kopi halus walaupun sudah disaring dengan kain. Setelah melakukan beberapa percobaan, ternyata filter kertas mampu menyaring dengan hasil yang lebih bersih tanpa ada bubuk kopi yang lolos, sejak saat itu filter kertas pun dipatenkan. Sekarang, filter kertas banyak digunakan pada alat seduh manual. Pro dan kontra penggunaan filter kertas pun masih ada sampai saat ini, bleached or unbleached? Bleached paper adalah kertas yang sudah melalui proses pemutihan, sedangkan unbleached paper adalah kertas yang masih berwarna coklat (warna asli kertas berbahan dasar kayu). Kelebihannya adalah filter kertas ini dapat menyaring minyak sehingga rasa kopi menjadi lebih ringan. Namun, karena hanya dapat sekali pakai, filter kertas ini kurang ramah lingkungan dan membutuhkan biaya yang lebih mahal karena pembelian yang terus menerus.(baca juga : Benarkah Kafein Menghambat Pemulihan Pendengaran ?)

Jenis Filter Seduh Kopi yang Sering Digunakan
Credit : Dining – Grivy

Jenis Filter Seduh Kopi yang Sering Digunakan

Terakhir adalah filter berbahan logam. Filter ini memang tidak dapat menyaring minyak seperti filter kertas, sehingga kopi yang dihasilkan juga lebih kental. Harganya yang lebih mahal dibandingkan satu paket filter kertas tidak akan sia-sia karena filter logam dapat digunakan berkali-kali danlebih ramah lingkungan. Kelemahan dari filter logam ini adalah harus dilakukan perawatan, seperti dibersihkan setelah digunakan agar tidak terjadi penumpukan bubuk kopi.

Lalu jenis filter apakah yang paling baik? Semuanya tergantung pada bagaimana selera anda. Jika ingin sajian kopi yang lebih sederhana dan tidak terganggu dengan endapan bubuk kopi, gunakan filter kain. Jika ingin kopi yang lebih ringan, gunakan filter kertas. Jika ingin kopi yang lebih kental dan kaya rasa, gunakan filter logam. Hal yang menjadi pengecualian adalah jika mempertimbangkan keadaan lingkungan, maka filter kain dan logam adalah yang paling baik. (Windy)

Incoming search terms:

  • jenis kain untuk saringan kopi
  • saringan kopi kain
  • jika menggunakan kertas filter kopi apa jenis gilenya
  • filter kain kopi
  • jenis filter papers untuk kopi
  • jenis saringan kopi dan fungsi

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »