Breaking News
Home » Berita » Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi
Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi
Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi

Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi

Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi – Tanaman kopi sudah menjadi bagian dari Indonesia. Banyak single origin kopi yang berasal dari Indonesia. Bahkan kopi-kopi yang berasal dari negeri ini sudah menjadi perhitungan skala internasional atau dapat dikatakan kalau kopi dari Indonesia sudah diakui dimata dunia dan dapat bersaing dengan kopi yang berasal dari Negara lain.

Di Indonesia sendiri, pembudidayaan kopi sudah dilakukan sejak tahun 1696 yang dibawa oleh orang Belanda dari negeri Yaman, jenis yang pertama kali dibawa adalah arabika. Setelah diamati oleh orang-orang Belanda, ternyata pembudidayaan kopi di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat dan kemudian tanaman ini mendapatkan perhatian sepenuhnya. Akhirnya, hingga saat ini tanaman kopi sudah menjadi bagian dari Indonesia dengan hasil panen dan nilai ekonomis yang sangat menguntungkan.

Namun, terdapat kendala baru dalam dunia pertanian kopi yaitu banyaknya pohon kopi yang sudah berumur tua dan bila dilakukan penanaman ulang akan memakan waktu hingga 3 sampai 3,5 tahun lagi atau bisa dikatakan kalau hal tersebut akan memakan waktu yang lama bila ingin melakukan penanaman kembali.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dan menjadi solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melakukan peremajaan pada tanaman kopi atau dalam dunia pertanian biasa disebut dengan Rejuvenisasi kopi.

Rejuvenisasi kopi adalah proses membuat kebun kopi tua dan pohon-pohon yang sudah tidak produktif menjadi muda kembali tanpa disertai penanaman secara besar-besaran. Proses tersebut sebagian dilaksanakan dengan memotong, memangkas pohon-pohon yang sudah tua dan yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk dipertahankan. Jadi dalam menggunakan metode rejuvenisasi ini, selain meremajakan dengan membuat tanaman lebih muda kembali, juga dapat memperbaiki hasil produksi dari tanaman kopi tersebut. (baca juga : Ripple Maker, Ngeprint foto di atas kopi)

Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi
Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi

Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi

Dalam melakukan rejuvenisasi kopi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara peremajaan selektif dan juga peremajaan radikal. Bila peremajaan selektif digunakan bila ingin melakukan peremajaan dengan hanya memilih pohon-pohon yang hasilnya kurang baik dan sudah rusak. Sedangkan untuk peremajaan radikal digunakan bila ingin melakukan peremajaan secara menyeluruh dengan memotong semua tanaman setinggi 30 cm dari leher akar. Selain dua hal tersebut, satu cara lagi adalah okulasi. Namun agar tingkat keberhasilannya tinggi, okulasi haruslah dilakukan oleh para ahlinya karena bila ada tahapannya yang salah, kemungkinannya untuk gagal akan semakin besar. Jadi, dengan peremajaan tanaman dan optimalisasi lahan usaha tani, dapat memberikan hasil budidaya yang memuaskan. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • rejuvenasi kopi
  • pohon sada manfaatnya apa

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »