Breaking News
Home » Barista » Mengenal Basic Menu Americano Coffee
Mengenal Basic Menu Americano Coffee
Mengenal Basic Menu Americano Coffee

Mengenal Basic Menu Americano Coffee

Mengenal Basic Menu Americano Coffee – Kopi merupakan minuman yang mendunia. Setiap belahan dunia dimana pun, memiliki style mereka sendiri dalam menikmati secangkir kopi. Kopi juga termasuk ke dalam jajaran minuman yang bergengsi dan penuh dengan sejarah panjang disisi minuman ini, baik dari proses keberadaan pohon kopi di suatu daerah, proses pengolahan biji kopi, hingga pada sejarah penyeduhan kopi dan pemberian nama pada teknik penyeduhan tersebut. Jadi dapat dinyatakan secara transparansi bahwa meminum secangkir kopi, tidak hanya menikmati cita rasa dan aroma yang khas, namun juga menikmati setiap sejarah panjang yang terdapat pada secangkir kopi tersebut. Sehingga tidak mengherankan bila kopi mampu menjadi minuman yang keberadaannya diakui di dunia.

Begitu pula pada salah satu style kopi yaitu Americano coffe. Dalam bahasa Italia, Americano memiliki makna Amerika atau dalam penerapannya bisa dimaknai dengan gaya Amerika. Penamaan kopi ini berawal sejak perang dunia ke-2 di Eropa. Pada saat itu, tentara Amerika sedang berada di Italia dan pasukan tersebut pun dijamu dengan sajian espresso. Namun ketika mereka meminum espresso tersebut, mereka merasa sangat tidak kuat dengan rasanya yang pahit dan kuat. Hingga akhirnya menambahkan air ke dalam cangkir yang berisi espresso sebagai solusinya. Karena kejadian tersebutlah, akhirnya kopi tersebut dinamai dengan Americano coffee. (Baca juga : Rejuvenasi Kopi, Upaya Peremajaan Pohon Kopi)

Mengenal Basic Menu Americano Coffee
Mengenal Basic Menu Americano Coffee

Mengenal Basic Menu Americano Coffee

Adapun tahapan untuk membuat Americano coffee adalah yang pertama harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti mesin pembuat espresso, cangkir atau mug, bubuk kopi dan juga air. Yang kedua, setelah memastikan portafilter mesin espresso dalam keadaan bersih, maka masukkan bubuk kopi halus ke dalam portafilter tersebut sekitar 7-9 gram dan untuk double shot 14-18 gram. Langkah ketiga, pasang portafilter dengan benar dan letakkan cangkir atau mug untuk menampung espresso, lalu nyalakan mesin dan pilih seduh espresso. Untuk oneshot tunggu sampai 25-30 ml dan double shot sekitar 50-60 ml. Tahap terakhir yaitu dengan menambahkan air panas secukupnya untuk menyamarkan rasa pahitnya. Seorang barista biasanya menggunakan komposisi untuk secangkir Americano coffee adalah 1/3 espresso dan 2/3 air panas.

Selain itu juga dapat menambahkan cream ataupun susu ke dalam Americano coffee karena kopi jenis ini memiliki dua style yaitu original style dengan memadukan espresso dan air panas saja, sedangkan untuk Americano coffee cream yaitu dengan menambahkan susu atau cream ke dalamnya. Selamat menikmati! (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »