Breaking News
Home » Barista » Tips Membuat Espresso yang Benar
Tips Membuat Espresso yang Benar
Tips Membuat Espresso yang Benar

Tips Membuat Espresso yang Benar

Tips Membuat Espresso yang Benar – Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai rekomendasi mesin kopi espresso di bawah 10 Juta. Nah, sekarang saatnya mengetahui beberapa tips yang benar dan perlu diketahui untuk membuat espresso yang nikmat. Jika membuat espresso dengan mesin, kebersihan mesin menjadi hal utama yang harus diperhatikan, karena kotoran sekecil apapun setidaknya dapat mempengaruhi ekstrak kopi yang dihasilkan. Selain itu, memanaskan grouphead dan portafilter terlebih dahulu sebelum digunakan akan membantu kestabilan suhu. Beberapa jenis mesin bahkan mempunyai saluran air panas sendiri, salah satunya yaitu E61.

Cara membuat espresso
credit : bluebottle coffee

Takaran biji kopi yang akan digiling untuk metode ini juga sudah ditentukan. Untuk single shot adalah sebanyak 8-10 gram, dan untuk double shot 14-18 gram. Jika hanya untuk konsumsi sendiri, maka tidak perlu menggiling terlalu banyak, cukup sesuai kebutuhan sehingga meminimalisisr penggunaan mesin grinder. Biji kopi yang sudah digiling selanjutnya dimasukkan ke dalam portafilter lalu ratakan, setelah itu padatkan dengan alat pemadat yang disebut tamper dan tidak perlu menekannya terlalu keras. Memutar tamper beberapa kali juga dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil ekstraksi yang lebih lembut. (Baca Juga : Kopi Sachet, Bahayakah?)

Setelah padat, letakkan potafilter di bawah grouphead, dan mulailah untuk melakukan shot espresso. Shot pertama biasanya akan keluar secara perlahan dan lama-kelamaan menjadi lebih lancar. Sekitar 30 detik ekstraksi sudah dapat dihentikan, hal ini dapat dilihat dari warna kuning yang keluar. Hasil ekstraksi kopi dapat diaduk rata atau dibiarkan begitu saja untuk mendapatkan rasa yang berbeda di setiap lapisan.

Cara membuat espresso
credit : Stumptown coffee

Solusi Espresso tanpa Mesin

Itulah tips sederhana yang perlu diketahui untuk membuat espresso. Lalu bagaimana jika ingin membuat minikmati ekstrak kopi namun tidak memiliki mesin pengekstrak? Tenang, kamu tetap dapat membuat espresso tanpa mesin pengekstrak, yaitu dengan menggunakan alat alternatif lain yang cara kerjanya lebih mudah. Alat tersebut antara lain Aeropress, Moka Pot, dan French Press. Aeropress lebih direkomendasikan, karena level grind yang digunakan alat ini juga sama seperti pada espressomachine yaitu fine grind. Sedangkan Moka Pot dan French Press perlu dilakukan banyak latihan untuk menghasilkanekstrak kopi yang baik, terutama French Press karena alat ini lebih cocok untuk memroses hasil gilingan yang lebih kasar yaitu coarse grind. (Windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kalibrasi Mesin Espresso, Seberapa Penting?

Kalibrasi Mesin Espresso, Seberapa Penting?

Kalibrasi Mesin Espresso, Seberapa Penting? – Untuk mempertahankan kualitas kopi yang disajikan kepada penikmat kopi, tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »