Breaking News
Home » Barista » Konservasi Kopi Global untuk Masa Depan
Konservasi Kopi Global untuk Masa Depan
credit : bbc

Konservasi Kopi Global untuk Masa Depan

Konservasi Kopi Global untuk Masa Depan- Membahas masalah perubahan iklim dunia memang tidak akan ada habisnya. Usaha – usaha  sudah banyak dilakukan untuk tetap menjaga dan melestarikan keberadaan makhluk hidup agar tetap mampu beradaptasi dengan perubahan iklim, yang mana sebenarnya juga disebabkan oleh ulah para manusia sendiri.

Salah satu ide yang luar biasa atas usaha ini adalah dengan membangun ‘bank penyimpanan gen’ yang bernama Svalbard Global Seed Vault. Untuk menjaga berbagai macam gen ini, Crop Trust membangun bank tersebut jauh berada di dalam pegunungan Kepulauan Svalbard, yang terletak di antara Norwegia dan Kutub Utara. Tujuan pembangunannya adalah sebagai wadah duplikat untuk melindungi benih-benih tersebut dari bencana alam maupun bencana karena ulah manusia, seperti perang dan kerusakan akibat buruknya manajemen tanaman. Svalbard Global Seed Vault merupakan koleksi berbagai ragam tanaman terbesar di dunia.

Mengapa mereka memilih Svalbard sebagai lokasi penyimpanan? Svalbard merupakan daerah yang ideal untuk penyimpanan jangka panjang, kondisi geografis yang stabil dengan kelembaban udara yang rendah, secara alamiah merupakan daerah yang beku sehingga pengeluaran biaya lebih efektif. Bank penyimpanan juga dibangun di lokasi yang tinggi dan aman jika suatu saat terjadi kenaikan air laut akibat mencairnya es di kutub. (Baca juga : Kopi Termahal Dengan Harga Fantastis Di Dunia)

Konservasi Kopi Global untuk Masa Depan
sada Coffee Bean

Konservasi Kopi Global untuk Masa Depan

Dengan adanya Svalbard, sistem konservasi kopi yang sebelumnya berada di Afrika (CATIE) akan ikut bekerja sama. Mengingat hanya varietas kopi yang ada di Afrika saja yang berada dalam wilayah konservasi nasional tersebut. Akses informasi juga terhambat karena wilayahnya berada pada habitat asli (in situ), biaya yang dikeluarkan tidak efektif, dan tingkat keamanan yang rendah.

Kerjasama antara komunitas konservasi global akan memiliki strategi pembangunan yang sama pula. Crop Trust sudah menyusun strategi tersebut menjadi 6 bagian, yaitu mengamankan koleksi konservasi original dan koleksi yang berada di CATIE; memperbarui fasilitas dan kapasitas; pembagian akses dan keuntungan untuk memfasilitasi koleksi original; membangun platform global untuk kerjasama dalam konservasi genetik kopi; memastikan keamanan duplikasi gen agar dapat diakses; dan terakhir bertanggung jawab terhadap konservasi in situ maupun ex situ. Semua ini agar kopi yang memiliki nilai rantai global tetap dapat digunakan dan bermanfaat bagi generasi di masa depan.

Strategi ini juga perlu dukungan dari pemerintah, produser, prosesor, dan konsumer agar dapat terlaksana. (Windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1- Kopi memiliki varietas yang membuat minuman ini selalu eksis. Bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »