Breaking News
Home » Berita » Mesin Roasting Buatan Indonesia
mesin Roasting Froco
mesin Roasting Froco

Mesin Roasting Buatan Indonesia

Mesin Roasting Buatan Indonesia – Kopi merupakan minuman yang sangat nikmat. Namun untuk dapat menikmati secangkir kopi diperlukan beberapa tahapan yang harus dilalui. Kenikmatan kopi dapat dirasakan ketika masih dalam keadaan fresh dan keadaan tersebut terhitung sejak kopi disangrai atau roasting. Banyak hal yang mempengaruhi hasil maksimal dari roasting kopi, salah satunya yaitu mesin yang digunakan selama proses roasting dilakukan.

Mesin roasting memiliki berbagai ragam keunggulan, tampilan dan harga yang diedarkan di pasar dunia, serta juga berasal dari berbagai Negara. Saat ini, Indonesia telah memiliki mesin roasting buatan Indonesia itu sendiri, yang dikembangkan di Negara ini dan sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sudah sampai ke mancanegara.

Merek Mesin Roasting Indonesia

Ada beberapa merek roaster lokal yang saat ini beredar dipasaran. Ketiga merek tersebut adalah Froco, Uncle Jhon dan Feike. Namun ketiga merek tersebut menyasar mangsa pasar yang berbeda-beda. Merek Froco digunakan untuk menyangrai kopi dalam skala industrial. Sementara Feike menargetkan pasar menengah ke bawah dengan harga terjangkau. (Baca juga : Mulai Pikun, Konsumsi Kopi)

Mesin Roasting buatan Indonesia
Mesin Roasting buatan Indonesia

Pemilik Feike Roastery, tersebut dibuat oleh William Edison yang sudah lebih dari satu dekade tinggal di Bali dan terus memproduksi mesin roasting hingga dapat mencapai kapasitas 1 kg, 3 kg, 6 kg, dan 12 kg. Mesin tersebut dibandrol dengan harga yang berbeda-beda. Harganya yang paling murah mulai dari 9,5 juta hingga 16 juta. Sedangkan yang paling mahal seharga 125 juta per unitnya.

Mesin pertama kalinya diproduksi sejak tahun 2011, mesin ini hanya diedar di pasar Indonesia seperi Bali, Palembang, Aceh, namun sekarang sudah diekspor hingga ke pasar Swiss maupun Hongkong.

Mesin ini terus dimutakhirkan, sehingga saat ini memiliki drum yang terdiri dari dua lapis agar panas lebih merata dan stabil. Juga memiliki sebuah probe untuk memantau suhu biji kopi yang berada di dalam drum sehingga pengguna mesin tersebut dapat terus memantau pergerakan suhu yang terjadi selama masa roasting. Selain itu, sistem pendinginnya kini telah disempurnakan dengan adanya agitator dan motor untuk menghisap panas yang ada pada kopi. dari segi tampilannya juga sudah dipercantik dengan penambahan kaki sebagai penopang keseluruhan bagian dari mesin tersebut. Saat ini, masyarakat Indonesia sudah terbuka dengan produk lokal terutama mesin roasting kopi karena kualitasnya sudah mampu bersaing dengan produk luar negri. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • jual mesin roasting area medan wiliam edison
  • mesin roasting lokal

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »