Breaking News
Home » Berita » Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal
Dampak kopi bagi ginjal
Credit : Black Coffee Only

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan seluruh orang di dunia sudah mengenal kopi sebagai minuman yang ada dimana-mana. Namun, bukan berarti bahwa kopi sebagai minuman yang biasa saja karena semua orang mengetahui eksistensinya. Justru sebaliknya, saat ini kopi sudah menjadi minuman nomor satu dengan memiliki peminat, pencinta dan juga penikmatnya di seluruh dunia. Banyak faktor yang menjadikan kopi begitu istimewa bahkan juga menjadi bagian dari prestise masyarakat dalam pergaulannya sehari-hari.

Tidak hanya memiliki khas dalam hal cita rasa dan juga aroma, kopi juga memiliki keunikan dalam penyeduhan yang berbeda di seluruh dunia, ditambah lagi dengan kreasi tiada akhir dari pencinta kopi yang membuat kopi tetap menarik, kopi juga memiliki varietas yang membuat minuman ini selalu eksis dan satu lagi, kopi memiliki berbagai manfaat bagi serta dampak kopi bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang pas atau tidak berlebihan.

Begitu pula pada salah satu organ penting bagi tubuh manusia, yaitu ginjal  yang merupakan organ tubuh yang terletak di rongga belakang usus agak atas. Ginjal di dalam tubuh manusia terdapat dua buah yaitu sebelah kanan dan kiri. Ginjal merupakan saluran kemih yang mempunyai banyak fungsi dalam membantu metabolisme dan kerja tubuh kita.

Ada beberapa hal yang merusak fungsi kerja ginjal, yaitu kurang minum air, terlalu banyak mengkonsumsi garam, rutin mengonsumsi gula berlebih, sering menahan pipis atau buang air kecil, terlalu sering kurang tidur malam, kurang vitamin dan mineral, penggunaan obat penghilang nyeri secara berlebiha, dan banyak lagi penyebabnya.

Namun, pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa dampak kopi yang dikonsumsirutin memberikan manfaat pada seorang pasien yang mengalami gagal ginjal kronis. Para ilmuan dari Centro Hospitalar Lisboa Norte di Portugal telah melakukan penelitian dan memperoleh hasil bahwa efek protektif pada kafeinlah yang menyebabkan resiko kematian semakin menurun. (baca juga : Alergi Kafein atau Akibat Mycotoxin?)

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal
Credit : Willoughby’s Coffee & Tea

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Pada penelitian lainnya yang dilakukan di Amerika dengan sampel sekitar 2.300 orang dewasa telah membuktikan bahwa asupan yang diperoleh dari kopi dapat menurunkan resiko kematian dini hingga mencapai 24 persen pada penyakit ginjal kronis. Sedangkan penelitian dari Annals Of Internal Medicine menunjukkan bahwa peminum kopi dapat mengurangi resiko kematian secara dini sebesar 7-12 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak minum kopi.

Walaupun demikian, tetap ada kontra terkait antara kopi dan ginjal. Oleh sebab itu, dibutuhkan kebijakan penikmat kopi dalam mengonsumsi minuman ini. Bila memiliki riwayat penyakit ginjal, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »