Breaking News
Home » Berita » Asam Sour Kopi, Penyebabnya?
Asam Sour Pada Kopi
Asam Sour Pada Kopi

Asam Sour Kopi, Penyebabnya?

Asam Sour Kopi, Penyebabnya? – Kopi memiliki kadar asam yang bebeda-beda. Contohnya Arabica mempunyai kadar asam sebanyak 6 sampai 8%, sedangkan Robusta mencapai 6.5 sampai 10%. Proses yang dilalui kopi akan mempengaruhi rasa asam tersebut, apakah rasa asam yang enak (acid), atau rasa asam yang tidak enak (sour). Rasa asam sour digambarkan sebagai asam yang biasa terdapat pada buah, seperti apel, dan jeruk. Namun untuk kopi, asam sour adalah asam yang menyebalkan karena tidak enak. Dua jenis asam ini dapat diketahui setelah melakukan test yang dikenal dengan cupping kopi. Lalu, apa yang menjadi penyebab munculnya rasa sour pada kopi?

Penyebab yang pertama yaitu tidak cukupnya waktu yang dibutuhkan kopi untuk terekstraksi (under-extracted). Inilah yang membuat rasa kopi tidak seimbang. Setiap komponen dalam kopi membutuhkan waktu yang berbeda untuk benar-benar terekstrasi dengan baik. Komponen pertama yang akan diekstraksi adalah rasa asam (acid) , kemudian rasa manis (sweetness), dan yang terakhir adalah rasa pahit (bitterness). Tergantung pada proses sangrai (roasting), hasil gilingan yang digunakan (grind size), dan penyeduhan (brewing). (Baca Juga :Mengenal Varian Wine Coffee)

Asam Sour
Credit : WhitecoatHunter

Asam Sour, Penyebabnya

Setelah proses roasting, kopi perlu melepaskan gas CO2 terlebih dahulu, jika terlalu cepat digunakan maka gas CO2 yang tertinggal akan memperkuat sour pada kopi. Untuk ukuran hasil gilingan, level medium grind adalah yang paling tepat dengan metode seduh pour-over. Jika terlalu halus (fine grind) kopi akan over-extracted karena terlalu lama bersama air panas dan rasanya menjadi lebih pahit, begitu pula jika terlalu kasar (coarse grind) kopi akan under-extracted sehingga muncul rasa asam sour. Oleh karena itu, sesuaikan level grinding dengan metode seduh yang akan dilakukan.

Penyebab lain yang menyebabkan rasa sour pada kopi adalah mesin dan air yang digunakan. Seperti mesin espresso atau pot untuk manual brewing, pastikan untuk membersihkannya secara berkala. Residu kopi yang tertinggal di dalam mesin juga dapat mempengaruhi rasa kopi pada penyeduhan selanjutnya. Pastikan air yang digunakan juga bersih dan bebas dari pencemaran, tidak asam atau basa. Jika PH air terlalu asam maka rasa sour pada kopi juga meningkat. (Windy)

Incoming search terms:

  • hasil brewing terlalu asam
  • penyebab kopi jadi asam
  • sour dalam kopi

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »