Breaking News
Home » Berita » Minyak Kopi dan Cara Membuatnya
Minyak Kopi dan Cara Membuatnya
Credit : Home Remedies

Minyak Kopi dan Cara Membuatnya

Minyak Kopi dan Cara Membuatnya – Komposisi ekstrak kopi dalam produk-produk seperti makanan, minuman, bahkan perawatan kulit bukan lagi hal yang baru. Khususnya produk perawatan kulit, selain manfaat yang diperoleh, aromanya yang khas juga dapat menjadi terapi. Namun sayangnya, untuk mendapat minyak kopi murni dari biji kopi, perlu dilakukan beberapa proses yang panjang dan tidak sedikit biji kopi yang digunakan, terkadang harus dicampur dengan zat-zat kimia lain yang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Oleh karena itu, jika memang dibutuhkan, membuat minyak kopi/ essensial sendiri dengan bahan sederhana dan tidak sulit didapat tentu tidak masalah. Ada 2 cara yang paling banyak digunakan untuk membuat homemade Essencial, hot infused dan cold infused.

Hot infused adalah cara ekstraksi minyak dari biji kopi dengan bantuan api atau sumber panas lainnya (listrik). Bahan-bahan yang diperlukan antara lain biji kopi (green bean atau roasted bean), minyak zaitun, slow cooker, dan sendok kayu. Biji kopi yang digunakan sebaiknya diseleksi terlebih dahulu dari biji yang sudah rusak ataupun benda asing, menggiling biji kopi terlebih dahulu juga akan mempercepat proses ekstraksi. Minyak zaitun dipilih karena banyak manfaatnya, namun tidak masalah jika ingin menggantinya dengan minyak kelapa. Slow cooker adalah kompor listrik berbahan keramik yang memasak secara perlahan, alat ini dipilih agar biji kopi tidak cepat hangus. Dan sendok kayu dipilih karena sifatnya yang berbeda dengan logam, walaupun terkena panas namun tidak mempengaruhi hasil ekstraksi minyak kopi. (baca juga : Kopi di Era Perang Dunia I)

Minyak Kopi dan Cara Membuatnya
Minyak Kopi dan Cara Membuatnya

Minyak Kopi dan Cara Membuatnya

Rasio biji kopi dan minyak zaitun yang digunakan adalah 2:4, jika bubuk kopi 4 sendok makan, maka minyak zaitun sebanyak 8 sendok. Panaskan di dalam slow cooker, aduk dengan sendok kayu kurang lebih selama 8 – 10 jam hingga warna biji menjadi semakin gelap. Lalu angkat dan dinginkan. Hasil ekstraksi minyak kopi harus disaring terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam botol penyimpanan.

Sedangkan cold infused adalah cara ekstraksi yang lebih sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain bubuk kopi, minyak zaitun atau minyak kelapa, dan botol penyimpanan. Masukkan ¾ cangkir bubuk kopi dan 1 cangkir minyak zaitun ke dalam botol. Simpan di tempat yang kering selama 3 – 4 minggu dan tidak lupa untuk mengaduknya sekali setiap hari. Setelah itu saring minyak kopi tersebut dan masukkan ke dalam botol penyimpanan yang lain. Minyak kopi pun siap digunakan. (Windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »