Home » Berita » Sada Coffee edukasi kopi dan Cup tasters Championship
Sada Coffee edukasi kopi dan Cup tasters Championship
Sada Coffee edukasi kopi dan Cup tasters Championship

Sada Coffee edukasi kopi dan Cup tasters Championship

Sada Coffee edukasi kopi dan Cup tasters Championship- Sada Coffee Menyelenggarakan Talkshow edukasi kopi dengan tema ‘Ngopi Cerdas, Ngopi Sehat bersama Gayo Cuppers Team’ serta Cupping Public (senin 25 januri 2019). Kegiatan ini di hadiri oleh perwakilan pemerintahan Aceh, Seperti Perwakilan Kadisperindag Aceh, Setda Aceh, pegawai RSUZA, Pegawai Swasta, Mahasiswa, Pengusaha Coffeeshop dan Penikmat coffee se-Aceh.

Acara Talkshow dan Public Cupping ini dipandu langsung oleh Q arabica Grader (ahli uji cita rasa kopi bersertifikasi dunia) dari organisasi Gayo Cuppers team. berbagai isu tentang kopi di bahas, kajian tentang kopi untuk kesehatan misalnya, standarisasi kopi enak, proses pasca panen, serta metode penyeduan espresso yang baik menjadi materi yang menarik dalam diskusi tersebut.

Hadir sebagai moderator bapak Saifullah Abdulgani, beliau merupakan penikmat kopi yang saat ini menjabat Asisten II Sekda Aceh. Beliau mendukung pengembangan usaha lokal UMKM aceh untuk bangkit menjadi poros ekonomi rakyat. Saat ini kita harapkan Aceh hendaknya menjadi panutan kopi nusantara bukan hanya karena kopi yang luar biasa namun juga karena Tenaga Peracik kopi yang professional’ Ujarnya disela sambutan kegiatan.

Di Hari selanjutnya, Sada Coffee juga menggelar Kompetisi Cup Tasters Championship. 1st sada coffee cup tester championship ini merupakan implementasi dari kegiatan talkshow dan public cupping hari sebelumnya, acara cup tester ini merupakan kompetisi cup tasters bertaraf internasional perdana yg diselenggarakan di aceh.


Metode yang digunakan

Metode triangulation digunakan dalam kompetisi ini, yaitu peserta di tuntut ketepatan dan kecepatan mencari 1 cup yg unik dari 3 gelas yg tersedia. Jumlah cup yg di uji 8 sample, setiap sample terdiri dari 3 cup. Total 24 cup yg mesti di cicip oleh peserta. Gelas yg unik bisa berbeda intensitas acidity, berbeda kekentalan (body), berbeda proses pasca panen bahkan berbeda varietas.

Dalam kesempatan ini peserta yg ikut berkompetisi berasal dari berbagai daerah di aceh, beberapa dari peserta merupakan perwakilan coffeeshop di banda aceh. Keluar sebagai juara 1 saudara Donny Heansyah Putra dari banda Aceh, kemudian juara 2 M.Iqbal dari langsa serta juara 3 Ridwan Riyanto dari Bener Meriah

‘Kedepannya Sada coffee berkomitmen untuk kembali menyelenggarakan talkshow rutin sebagai bentuk edukasi kopi serta kompetisi untuk mencetak SDM kopi yg handal dan berdaya saing internasional sebagai bentuk tanggung jawab wewujudkan Aceh yang bermartabat dengan kopi terbaik dunia serta SDM kopi professional’, sebut Mursada (founder sada Coffee).

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Status Konservasi Kopi Global Ex Situ

Status Konservasi Kopi Global Ex Situ

Status Konservasi Kopi Global Ex Situ – Membahas tentang konservasi kopi mungkin tidak akan pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
× How can I help you?