Breaking News
Home » Barista » Tips Seduh Kopi menggunakan AeroPress
Tips Seduh Kopi menggunakan AeroPress
Credit : Stumptown coffee

Tips Seduh Kopi menggunakan AeroPress

Tips Seduh Kopi menggunakan AeroPress- Saat ini, bisa dikatakan bahwa kreasi, inovasi dan kopi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Bisa dilihat dari banyaknya kemajuan yang sudah ditorehkan dalam dunia kopi, terutama yang datang dari pencinta kopi itu sendiri. Sehingga bisa dilihat perkembangan yang pesat, baik dari segi alat penyeduhan yang digunakan, resep seduhnya, hingga pada kombinasi yang digunakan pada pencampuran bahan pendukung pada kopi.

Saat ini terdapat salah satu alat seduh yang cukup fenomenal, bahkan sudah ada kompetisi tersendiri dengan menggunakan alat seduh tersebut, yaitu AeroPress yang diciptakan oleh Alan Adler, seorang ilmuan dari Universitas Stanford. AeroPress merupakan alat yang mengutamakan tekanan pada proses ekstraksi dan menggunakan penyaringan berbasis kertas.

AeroPress bila dilihat sekilas merupakan alat seduh espresso yang sangat sederhana, namun mampu menghasilkan kopi yang baik. Meskipun AeroPress bukanlah alat pembuat espresso yang standard, namun mampu menghasilkan karakter yang mendekati karakternya espresso. Sehingga alat ini dapat menjadi alternatif bagi pencinta kopi yang merasa belum mampu untuk membeli alat penyeduh espresso yang lebih standard dengan harga puluhan juta.

AeroPress memiliki beberapa bagian yang menjadi komponen utamanya, yaitu chamber, plunger, cap dan kertas penyaring. Juga terdapat bagian pelengkap seperti corong dan pengaduk. AeroPress memiliki kelebihan dibandingkan dengan alat seduh lainnya, yaitu dari segi pengotak-atikannya dalam proses pembuatan kopi espresso. Walaupun sudah dilampirkan manual penyeduhannya, namun penyeduh kopi dengan menggunakan alat ini dapat berkreasi sehingga menghasilkan rasa kopi yang lebih nikmat, mulai dari penggunaan metode terbalik, hingga pada coava disk. Jadi, tidak heran bila diadakan kompetisi khusus dengan menggunakan alat ini setiap tahunnya bernama Word AeroPress Championship (WAC). Bahkan pesertanya sangat beragam dari tahun ke tahun, tidak hanya dari Eropa juga ada yang berasal dari Asia. (Baca juga : Kopi Klotok, Kopi Tradisional Indonesia)

Tips Seduh Kopi menggunakan AeroPress
Credit : Able Brewing

Tips Seduh Kopi menggunakan AeroPress

Dari kompetisi tersebut, tiap tahunnya menghasilkan rahasia penyeduhan dari para jawaranya dan mengantarkan mereka pada posisi sang juara. Dari semua resep yang telah dibeberkan, hampir semua dari mereka memiliki inti resep yang sama yaitu temperature yang berkisar antara 75oC hingga 85oC.

Lukas Jura, asal Polandia merupakan salah satu sang juara dari WAC, memberikan tips penyeduhan hingga mengantarkannya menjadi pemenang, yaitu Balikan AeroPress (Upside down), basahi filter hingga merata, lalu siapkan 20g biji kopi dan giling sedikit lebih kasar dari ukuran paper filter, kemudian masukkan kopi yang sudah digiling dan tuangkan 200 ml air panas dengan suhu 75oC, lalu aduk 4 kali. Kencangkan penutupnya lalu balikkan setelah 10 detik, biarkan kopi terendam selama 15 detik,  kemudian press. Selamat mencoba! (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »