Breaking News
Home » Cupping » Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)
Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)
Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)

Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)

Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)- Berikut ini beberapa tahapan yang diselenggrakan oleh CQI (coffee Quality Institute) untuk peserta yang ingin menjadi seorang Q-Grader :

1. General Coffee Knowledge Test (90 menit – satu tes)

Tujuan dari tes ini adalah untuk menguji tingkat pengetahuan kopi secara umum pada kategori cupping/grading, menyangrai (roasting), Proses pertumbuhan, panen dan pengolahan kopi. Ujiannya berisi 100 pertanyaan pilihan ganda, Jawabannya dengan menggambar lingkaran pada jawaban yang tepat.

2. Sensory Skills Test  (60 menit – satu tes dengan tiga bagian)

Ujian ini terdiri dari tiga bagian yang bertujuan mengidentifikasi rasa dan intensitas dalam tiga format yang berbeda. Rasa yang di identifikasi meliputi asin, asam dan manis pada tiga tingkat yang berbeda intensitas asin, manis dan asamnya. Pada tes mengenai rasa diberikan dua kesempatan untuk lulus ujian ini.

  •  Bagian I – Reference Set Identification

Tes dengan jenis ini di diberikan untuk mengetahui tingkatan intensitas rasa. Ada tiga jenis rasa yang berbeda : asam, manis dan asin. Ada tiga tingkat yang intensitas berbeda(rendah, sedang, tinggi) dari masing-masing rasa 3 set/3 tingkat yang masing-masing disajikan secara terpisah.

  •  Bagian II – Blind Set Identifikasi

Peserta tes diberikan pertanyaan tentang tingkatan rasa dan intensitas masing-masing sebanyak sembilan sampel. Ada tiga rasa yang berbeda : asam, manis dan asin. Ada tiga intensitas yang berbeda tingkatannya (rendah, sedang, tinggi) dari masing-masing rasa 3 set/3 tingkat, semua disajikan secara bersamaan. Peserta tes perlu mengidentifikasi rasa dengan melingkari form jawaban pada intensitas rasa yang lebih dominan (I, II, III) rasa tertentu.

  •  Bagian III – Mixture Set Identifikasi

Tes yang bertujuan untuk mengidentifikasi rasa dan peringkat intensitas delapan campuran. Setiap campuran akan memiliki dua atau tiga rasa yang berbeda dalam satu, dua atau tiga di berbagai tingkat intensitas. Ada empat campuran dengan dua jenis rasa bahkan empat rasa berbeda memiliki tiga jenis rasa. Tujuannya mengidentifikasi rasa dan intensitas dengan menggambar lingkaran di sekitar tingkat yang benar (I, II, III) pada kolom yang benar (manis, asin, atau asam).

Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)
Tahapan Tes Sertifikasi CQI Seorang Q-Grader (Bagian 1)

3. Cupping Skills Test (60 menit untuk setiap tes – 4 tes)

Ada empat set cupping yang disediakan yaitu : Washed Milds, Afrika, Asia, dan kopi Natura. Tujuan dari ujian ini adalah untuk menguji pengetahuan individu dari SCAA cupping protocol dan bentuk Uji cita rasa, dan untuk mengukur kemampuan analisa individu untuk secangkir kopi dan tingkat rasa secara konsisten.

 4. Olfactory Skills Test (30 menit untuk setiap tes – empat tes)

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan individu untuk mengenali 36 jenis umum aroma aromatik yang sering ditemukan dalam aroma kopi. Tes ini diberikan dalam empat sesi, satu untuk setiap kelompok aromatik dari sembilan aroma yang dikategorikan menjadi empat dasar kelompok : enzimatik, Gula Browning, Distilasi Kering dan noda-noda Aromatik. Tes ini dilakukan dengan menyesuaikan enam botol nomor untuk botol abjad yang saling berhubungan antara sembilan botol dalam kelompok aromatik. selanjutnya, para peserta harus mengidentifikasi nama tiga spesifik aroma dalam setiap kategori dan menulisnya di tempat yang disediakan.

Sertifikasi CQI 

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »