Breaking News
Home » Berita » Studi Batasan Minum Kopi Perhari
Studi Batasan Minum Kopi Perhari
Studi Batasan Minum Kopi Perhari

Studi Batasan Minum Kopi Perhari

Studi Batasan Minum Kopi Perhari – Kopi dengan segudang manfaat seperti mengurangi resiko kanker, sebagai antioksidan, meningkatkan kinerja otak, dan mengurangi resiko diabetes bila dikonsumsi tanpa gula,  menarik perhatian para peneliti untuk melakukan riset lebih mendalam. Namun, dengan berbagai manfaat tersebut bukan berarti kopi dapat dikonsumsi sebanyak-banyaknya tanpa aturan.

Kandungan utama pada kopi adalah kafein. Toleransi kafein setiap orang berbeda-beda. Orang dengan toleransi kafein yang rendah atau dapat juga dikatakan sensitif terhadap kafein, meminum kopi sedikit saja dapat mengganggu waktu tidur, cemas, sakit perut, jantung berdetak lebih kencang dari biasanya, atau bahkan sakit kepala. Biasanya hal ini dialami orang-orang yang jarang sekali minum kopi. Sedangkan orang yang sudah terbiasa minum kopi, tubuhnya sudah beradaptasi dengan kadar kafein yang diterima, resiko terganggunya waktu tidur juga lebih kecil. Lalu berapa batasan kopi yang dapat dikonsumsi perhari?

Penelitian yang dilakukan Leon-Carmona tentang kafein pada kopi sebagai pemangsa radikal bebas, juga dapat mengurangi resiko gangguan gastro-intestinal dan degeneratif saraf jika mengkonsumsi kopi dengan takaran yang ideal yaitu 2-3 cangkir perhari. (Baca Juga : Teknik Pouring yang digunakan Barista)

Minum Kopi
Credit : Daily Express

Penelitian lain yang dilakukan oleh Daniel Borota et. al tentang kafein yang dapat membantu meningkatkan daya ingat untuk jangka panjang. Mereka menemukan bahwa mengkonsumsi kafein dengan dosis 200-300 mg perhari lebih meningkatkan performa daya ingat dibandingkan hanya mengkonsumsi sebanyak 100 mg. Artinya mengkonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir perhari adalah ukuran ideal.

Kadar kafein dalam secangkir kopi cukup beragam. Untuk seduhan secangkir kecil kopi biasa mengandung 50 mg, sedangkan cangkir dengan ukuran 16 oz dapat mengandung lebih dari 300 mg kafein. Karena cukup sulit menentukan kadar kafein dalam secangkir kopi dengan ukuran yang beragam, maka digunakan takaran umum yaitu sebanyak 8 ons kopi mengandung 100 mg kafein.

Batasan Minum Kopi Perhari

Kembali kepada kondisi fisik masing-masing. Beberapa orang bahkan dapat mengkonsumsi kopi sebanyak 5-6 cangkir perhari tanpa masalah apapun. Jika terbiasa mengkonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir perhari tanpa mengalami gangguan kesehatan, maka itu adalah ukuran yang ideal untuk anda. Namun jika muncul beberapa masalah seperti mudah cemas dan jantung berdebar tanpa mengubah ukuran kopi yang dikonsumsi, maka konsumsi kopi sebaiknya dikurangi atau dihentikan sementara waktu. (Windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »