Breaking News
Home » Berita » Ampas Kopi, Benarkah Bermanfaat?
ampas kopi, Benarkah bermanfaat ?
ampas kopi, Benarkah bermanfaat ?

Ampas Kopi, Benarkah Bermanfaat?

Ampas Kopi, Benarkah Bermanfaat ? – Banyak manfaat yang diperoleh dalam secangkir kopi, namun tidak hanya sampai disitu saja. Bahkan ampas dari kopi sekalipun masih memberikan manfaat kepada penikmatnya. Ampas dari kopi dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, yaitu :

Sebagai masker kecantikan. Saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan sisa ekstraksi kopi untuk mempercantik kulit. Di Amerika maupun Eropa, sudah banyak yang mengembangkan kosmetik dengan menggunakan ampas dari kopi. Dengan mencampurkan satu sendok bubuk kopi dan menambahkan dua tetes minyak zaitun dapat berubah menjadi scrub bagi kulit. Efek yang diberikan pada kulit berupa pengurangan selulit dibagian kulit yang dimaskeri, dapat menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam pada wajah. Lalu, ampas kopi yang diberi sedikit air untuk menjadi masker, dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah. Bahkan bila dicampur dengan susu dan dijadikan masker dapat mencerahkan kulit. Sedangkan penggunaan ampas kopi di rambut juga dapat membuat rambut lebih terlihat bersinar dan tidak cepat rusak setelah pemakaian hair spray ataupun gel rambut. (Baca juga : Studi Batasan Minum Kopi Perhari)

Manfaat Ampas kopi untuk kecantikan
Credit : home ground

Manfaat Ampas Kopi

Sebagai penghilang bau tidak sedap. Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan berbagai aroma yang tidak sedap karena kopi memiliki aroma khas dan mampu memberikan sensasi relaksasi. Sisa Ekstraksi kopi dapat membantu menghilangkan bau amis di tangan, bahkan tangan akan terasa lebih segar. Selain itu, bubuk kopi mengandung exfoliant untuk membuat tangan lebih halus dan bersih. Ampas dari kopi juga dapat digunakan untuk menghilang bau wastafel dan kulkas dengan cara meletakkan ampas kopi tersebut kedalam sebuah botol dan diletakkan di samping wastafel atau di dalam kulkas, maka dalam semalam bau tersebut akan tergantikan oleh aroma khas kopi. tidak jarang juga, kopi dijadikan sebagai pengharum ruangan dengan meletakkan ampas kopi di dekat ventilasi pengharum ruangan.

Sebagai kompos terbaik. Ampas kopi dapat digunakan sebagai pupuk kompos karena kopi mengandung nitrogen yang dapat menarik cacing untuk dapat mengemburkan tanah dan juga memiliki fungsi untuk membantu dalam meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah. Kopi juga dapat memperbaiki sistem drainase dan retensi tanah. Selain itu, aroma kopi yang sangat khas, ternyata sangat tidak disukai oleh hama. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »