Breaking News
Home » Berita » Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi
Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi
Credit : 20/20 Project

Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi

Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi-  Kafein merupakan zat stimulan yang terdapat pada beberapa tumbuhan, salah satunya adalah kopi. Bahkan ada beberapa zat lain yang terkandung dalam kopi dan yang paling terkenal adalah kafein. Namun, ada sebagian orang yang merasa kalau kafein merupakan suatu zat yang dapat merusak tubuh manusia. Padahal bila dikonsumsi dengan kadar yang tepat, akan memberikan respon positif bagi kesehatan tubuh.

Kafein merupakan senyawa alkaloid xantina yang memiliki bentuk Kristal dan memiliki rasa yang pahit. Namun, kandungan kafein yang terdapat dalam setiap tumbuhan biasanya berbeda-beda. Salah satu contohnya, kafein yang terdapat pada kopi robusta lebih tinggi bila dibandingkan dengan kopi arabika. Begitu pula bila dibandingkan dengan kafein yang terdapat pada tumbuhan lainnya.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kafein terutama pada kopi yang dikonsumsi dengan dosis dan waktu yang tepat, yaitu:

Mengatasi kantuk merupakan khasiat yang paling utama dan bahkan sering kali para penikmat kopi mengonsumsi kopi dengan alasan agar bisa dihindarkan dari rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan diri.

Meningkatian memori ataupun daya ingat seseorang. Hal ini telah terbukti secara ilmiah, bahwa dalam penelitian yang dilakukan di jepang, dengan mengonsumsi kafein dengan dosis sebanyak 200 mg secara rutin, dapat meningkatkan daya ingat.

Dapat meningkatkan stamina sesudah berolahraga. Apalagi bila dikombinasikan antara kafein dan karbohidrat sebagai makanan setelah olahraga, merupakan pilihan yang tepat. Manfaat yang diperoleh dengan mengombinasikannya adalah cepatnya proses regenerasi otot setelah latihan berat, mengatasi sakit otot dan juga memulihkan stamina. (baca juga : hubungan Pressure dan Level Grinding pada Espresso)

Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi
Credit : Union Hand-Roasted Coffee

Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi

Mengurangi persentase Alzheimer dan Parkinson. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi beserta dengan kandungan obat perangsang psikoaktif serta diuretic ringan yang terkandung dalam kafein dapat membuat otak lebih baik dalam menyimpan memori, juga dapat menghindarkan dari gejala Alzheimer dan Parkinson.

Enema kafein yang merupakan cairan berkafein seperti kopi digunakan untuk membersihkan usus besar dari zat-zat yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh serta mencegah dari penyakit liver, kanker usus dan detoksifikasi hati secara efektif.

Nah, itulah sedikit dari banyaknya keajaiban yang terdapat pada kafein. Pahami bagaimana mengonsumsi yang sehat, maka akan memberikan manfaat pada penikmatnya. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »