Breaking News
Home » Barista » Tutorial Seduh Menggunakan Rok Presso
Tutorial Seduh Menggunakan Rok Presso
Tutorial Seduh Menggunakan Rok Presso

Tutorial Seduh Menggunakan Rok Presso

Tutorial Seduh Menggunakan Rok presso – Rokpress adalah alat seduh kopi manual yang sering digunakan untuk membuat espresso. Dengan desain yang cukup sederhana, portable, dan ramah lingkungan, karena tidak membutuhkan listrik. Alat ini tergolong murah namun tetap awet. Satu set perlengkapan Rokpress terdiri dari portafilter, wadah untuk air panas, milk frother manual, sendok kopi dan tamper, serta buku panduan. Sebelum memulai menyeduh, pastikan alat dan bahan yang akan digunakan sudah dipersiapkan, seperti air yang akan dipanaskan, biji kopi yang akan digiling, dan susu jika ingin membuat cappucinno atau latte. Berikut tutorial menyeduh dengan Rokpress.

Panaskan air dengan teko pemanas hingga mendidih. Sebaiknya sebelum menggunakan Rokpress dan portafilter, alirkan terlebih dahulu air panas dari wadah silinder di bagian atas (blind shot) dan celupkan portafilter ke dalam air panas, proses ini disebut dengan preheat. Preheat membantu Rokpress agar tetap pada suhu stabil, mengingat Rokpress tidak memiliki fitur pemanas otomatis. (baca juga : Sekilas Tentang Keajaiban Kafein Kopi)

Coffee Brew Guides
Tutorial Seduh Menggunakan Rok Presso

Tutorial Seduh Menggunakan Rok Presso

Selama memanaskan air, giling biji kopi yang masih fresh sejak diroasting sebanyak 8-14 gram. Grind size yang tepat untuk espesso adalah fine-grind. Setelah itu, masukkan biji kopi yang sudah digiling ke dalam portafilter, ratakan dan padatkan dengan sendok atau tamper seperlunya dan tidak terlalu kuat, lalu pasang portafilter pada Rokpress.

Masukkan kembali air panas ke dalam wadah silinder secukupnya. Tarik tuas Rokpress hingga ke posisi paling atas untuk membuka celah air mengalir, lalu tekan tuas ke bawah untuk menghasilkan tekanan, tahan dengan memegang lengan Rokpress. Jika grind size yang digunakan tepat, ekstraksi kopi akan mulai menetes 15 detik setelah penekanan tuas, lalu biarkan menetes hingga detik ke 30. Espresso yang menetes lebih dari waktu itu biasanya lebih terasa pahit karena over-extracted.

Jika ingin membuat cappucinno atau latte, panaskan susu terlebih dahulu, lalu pompa secara manual dengan milk frother untuk membuat buih susu sesuai kebutuhan.

Itulah tutorial seduh singkat menggunakan Rokpress. Meskipun alatnya cukup sederhana, namun butuh latihan untuk mendapatkan hasil seduh sesuai dengan yang diinginkan. (Windy)

Incoming search terms:

  • rok presso tutorial
  • takaran espresso dengan rok

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »