Breaking News
Home » Barista » Perbedaan Barista dan Bartender
Perbedaan Barista dan Bartender
Credit : Wikimedia Commons

Perbedaan Barista dan Bartender

Perbedaan Barista dan Bartender- Barista dan bartender merupakan suatu profesi yang bila dilihat sekilas akan terlihat sama. Padahal kedua profesi tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Profesi tersebut terlihat sama karena jobdesc-nya adalah menyiapkan minuman kepada para pelanggannya. Namun, satu hal yang pasti bahwa barista bukanlah bartender dan bartender juga bukanlah barista. Ada berbagai perbedaan yang terdapat pada dua profesi tersebut, sehingga pelanggan yang datang ke kafe-kafe manapun, jangan salah memanggil orang yang berprofesi tersebut.

Barista. Pada umumnya, seorang barista akan mudah ditemukan di coffee shop, kafe dan juga restoran. Barista juga profesi yang akan selalu berhubungan dengan kopi karena bahan dasar yang paling utama dalam peracikan minuman yang dibuat oleh seorang barista adalah kopi. menurut Aris, Trainer Barista Anomali Coffee, kualitas kopi tergantung pada tiga hal, yaitu biji kopi, mesin pembuat kopi, serta orang si pembuat kopi. jadi, skill seorang barista sangat mempengaruhi cita rasa kopi saat dinikmati. Dengan kemampuan yang terlatih, sorang barista dapat mengolah kopi dengan baik agar menjadi berbagai minuman yang memiliki banyak variasi rasa, aroma, warna dan juga kreasi art yang mengagumkan. Saat ini, seorang barista lebih cenderung disebut sebagai seniman kopi karena skill art mereka. (baca juga : Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama)

Perbedaan Barista dan Bartender
Credit : baristanetwork.co.uk

Perbedaan Barista dan Bartender

Bartender. Sedangkan untuk profesi ini, pada umumnya akan lebih mudah ditemukan di semua restoran yang memiliki bar. Para bartender bekerja untuk meracik minuman yang beralkohol dan menyajikannya pada konter bar. Mereka pun harus memiliki skill yang mumpuni agar bisa menyajikan minuman yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggannya. Banyak jenis minuman yang harus benar-benar mereka kuasai seperti anggur, koktail, likeur, dan juga bir. Pada saat ini, bukan hal baru lagi bila seorang bartender pun harus bisa menyajikan minuman koktail klasik. Para bartender juga dituntut agar bisa menjadi orang yang sanggup memberikan pelayanan terbaik mereka, termasuk dengan menolak pesanan dari seorang pelanggan yang masih belum cukup umur untuk mencicipi minuman beralkohol tersebut. Selain itu, juga harus bisa memastikan para pelanggan tersebut tidak terlalu mabuk dengan menolak untuk menyuguhkan minuman beralkohol tinggi.

Jadi dapat dilihat secara jelas perbedaan yang terdapat pada dua profesi yang sama tapi tidak serupa tersebut. Jadi, diperlukan kecerdasan dari pelanggan agar dapat mengenali job yang mereka tekuni dengan cara tidak salah dalam mengenali nama profesi mereka tersebut karena tentu saja tidak ada orang yang mau dipanggil dengan nama orang lain. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • perbedaan bartender dan barista
  • bar tender pembuat kopi
  • beda barista dan bartender

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ? – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »