Breaking News
Home » Berita » Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama
Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama
Credit : Foody.id

Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama

Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama – Banyak orang yang tahu cara menyeduh kopi agar terasa nikmat, namun hanya sebagian kecil dari penikmat kopi yang memperhatikan tentang cara mempertahankan aroma kopi agar tidak cepat memudar. Pada umumnya, para penikmat kopi akan membeli kopi dalam jumlah banyak agar bisa di-stock untuk dipakai dalam kurun waktu berbulan-bulan.

Kopi memanglah minuman yang memiliki cita rasa dan aroma yang khas juga kuat. Namun kopi akan kehilangan aromanya atau akan memudar bila tidak disimpan dengan cara yang benar. Kopi yang dalam kemasan, aromanya akan bertahan sekitar 2 sampai 3 hari setelah kemasannya dibuka, padahal bila disimpan dengan benar maka aromnya akan tetap segar sekitar 3 sampai 4 bulan setelah kemasan dibuka.

Mira Yudhawati, seorang ahli kopi memberikan saran untuk tips pada menyimpan bubuk kopi, lebih baik menyimpan biji kopi dan hal itu menjadi pilihan terbaik karena biji kopi diniliai akan lebih tahan dengan kondisi rumah dari pada bubuk kopi. Namun, banyak orang yang lebih suka membeli bubuk kopi. jadi, ada beberapa hal yang dilakukan agar kopi bubuk yang disimpan tetap terjaga kualitas rasa dan aromanya, yaitu

Simpan dalam kemasannya dengan rapat. Hal pertama setelah membuka kemasan bubuk kopi adalah memastikan kemasannya dalam keadaan tertup rapat bila telah digunakan. apabila bubuk kopi telah terkena udara dalam waktu yang relatif lama atau terus-menerus, maka akan menghilangkan sensasi aroma kopi yang khas.

tips menyimpan kopi selanjutnya ialah Pindahkan ke wadah yang kedap udara. Bila anda merasa kurag yakin untuk menyimpan kopi di dalam kemasannya, maka gunakan wadah yang kedap udara. Selain lebih terjamin, juga lebih praktis digunakan. (Baca juga : Efek Kafein Terhadap Penyembuhan Luka)

Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama
Credit : AliExpress

Tips Menyimpan Kopi Agar Aromanya Tahan Lama

Jauhkan dari benda yang berbau tajam. Aroma yang terlalu kuat dapat mempengaruhi ketahanan dari aroma kopi sendiri. Jadi usahakan untuk menjauhkan bubuk kopi yang disimpan atau minimal  1 meter dari benda yang meimiliki bau tajam.

Jangan disimpan dalam kulkas dan simpan di tempat sejuk juga gelap. Biasanya kebanyakan orang akan menyimpan bahan makan di dalam kulkas agar tetap segar, namun hal tersebut tidak berlaku pada kopi karena hal tersebut justru dapat merusak karakter rasa dan aroma kopi. Kopi yang telah disangrai agar tetap segar, hindarkan dari sinar matahari dan letakkan ditempat yang gelap.

Bila dapat menyimpan kopi dengan benar, maka kamu akan dapat menikmati kopi dengan kualitas terbaik dan lebih lama di rumahmu. Menjaga aroma kopi juga menjadi prioritas, sebab kopi tanpa aromanya akan terasa hampa. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Arabica specialty coffee ready to shipping

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi- Menyeduh secangkir kopi akan terasa nikmat bila diiringi dengan khas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »