Breaking News
Home » Berita » Manfaat Kopi Bagi Otak
Manfaat kopi untuk Otak

Manfaat Kopi Bagi Otak

Manfaat Kopi Bagi Otak – Kopi memiliki beragam manfaat yang terkandung di dalamnya merupakan kabar gembira tersendiri bagi para pencinta kopi di seluruh dunia. selain menjadikan kopi sebagai minuman nomor satu, juga dapat menjadi alternatif pertama dalam solusi kesehatan yang bermasalah. Sehingga, kenikmatan dalam menikmati kopi dalam setiap cangkirnya jadi lebih berlipat ganda.

Manfaat kopi yang sangat banyak dan telah dibuktikan melalui beragam penelitian oleh orang-orang yang ahli dibidangnya, sudah berhasil mematahkan mitos tentang kopi yang menyatakan bahwa minuman tersebut merupakan minuman yang memiliki efek samping berbahaya dan sangat merugikan bagi penikmatnya.

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam kopi, selain kafein yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi, kopi juga memiliki kandungan lainnya berupa antioksidan dan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin atau vitamin B2, asam pantothenic atau vitamin B5, magnesium dan niacin atau vitamin B3, serta mangan dan potasium. (Baca juga : Kopi Saring Khas Aceh)

Manfaat Kopi bagi kesehatan
Manfaat Kopi bagi kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Otak

Selain manfaat kepada fisik atau tubuh peminum kopi, ada pula manfaat lainnya yang berguna untuk otak para peminum kopi. Menurut dokter Michael Hartanto Angriawan dan tim Meetdoctor bahwa “rasa lelah dapat diusir dengan meminum kopi karena kandungan kafein dalam kopi merupakan kandungan psikoaktif. Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak-tempat kafein memblokir adenosine-sehingga neurotransmitters, seperti norepinephrine dan dopamine semakin bertambah. Alhasil otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak”.

Selain manfaat yang disebutkan oleh dokter Michael, ada beberapa lagi manfaat yang terdapat dalam kopi bila diminum dalam kadar yang wajar berdasarkan penelitian lainnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kemampuan otak dalam waktu singkat, meskipun hal tersebut hanyalah efek sementara saja. Namun hal tersebut dapat membantu untuk bisa meningkatkan konsentari dan lebih fokus bila diperlukan dalam bekerja.

Kopi juga dapat mencegah radang otak maupun mencegah Alzheimer. Polifenol yang terdapat dalam kopi dapat mencegah radang pada otak dan berdasarkan penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan Alzheimer, kopi dapat melindungi peyakit Alzheimer.

Penelitian dari National Institute On Aging, menemukan bahwa pria dan wanita berusia 70 tahuana dan mengonsumsi kopi secara teratur memiliki funsi mental dan otak lebih baik dari pada yang tidak mengonsumsinya.

Incoming search terms:

  • manfaat kopi bagi otak
  • Manfaat kopi untuk otak
  • mengapa dalam penelitian sada

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »