Breaking News
Home » Berita » Kopi Saring Khas Aceh
Kopi Saring
Kopi Saring

Kopi Saring Khas Aceh

Kopi Saring Khas Aceh- Seorang Q-Grader kopi aceh mengungkapkan bahwa “kopi aceh itu kopi saring, itu jangan sampai hilang, itu kopi tradisional kita”. Banyak kedai kopi yang bertebaran di aceh hingga sampai ke pelosok aceh karena masyarakat aceh sendiri tidak dapa dipisahkan dari kopi. Bahkan penikmat kopinya tidak terbatas pada usia, jenis kelamin, maupun keadaan ekonomi, semuanya berbaur dalam satu tradisi tanpa adanya sekat-sekat pemisah diatara para penikmat kopi di daerah tersebut dan tak jarang melakukan kontak sosial di warung kopi. sehingga, warung kopi menjadi destinasi pertama bagi kebanyakan orang aceh, untuk bersua dengan teman-temannya.

Ada dua daerah sentra produksi kopi di aceh, yaitu Ulee Kareng dan Gayo. Kopi ulee kareng merupakan jenis kopi robusta dari kecamatan ulee kareng, sedangkan kopi gayo merupakan jenis kopi arabika. Terkhususkan untuk kopi ulee kareng dengan karakteristik warna yang sangat pekat, hampir seluruh kedai kopi di aceh menyuguhkan kopi ini, karena teknik pengolahannya yang menyimpan keunikan tersendiri dan penyajiannya yang berbeda dengan cara penyajian kopi manapun di seluruh dunia.

Seorang barista yang ada di warung kedai kopi, masyarakat aceh biasa memanggilnya dengan sebutan cutbang, cutlem, dekgam yang merupakan seseorang yang mengangkat lengannya setinggi mungkin seraya menahan saringan kopi yang berbentuk segitiga lancip ke bawah, sebuah saringan yang terbuat dari kain mengerucut ke bawah. (Baca juga : Kompos Ampas Kulit Kopi)

Kopi Saring
Credit : regional kompas

Kopi Saring Khas Aceh

Pada saat penyeduhannya, bubuk kopi tidak hanya sekedar diseduh dengan air panas tetapi juga dimasak dan dijaga agar tetap dalam keadaan mendidih, sehingga dapat dirasakan aroma serta cita rasa pada kopi yang keluar benar-benar kuat. Kopi yang telah dimasak, kemudian mengalami beberapa kali proses penyaringan dengan menggunakan saringan kain yang berbentuk kerucut. Hasilnya adalah kopi yang sangat pekat, harum dan bersih tanpa mengandung bubuk kopi.

Kopi saring merupakan kopi tradisional aceh yang disajikan dengan cara klasik di aceh. Kopi saringlah membuat kopi aceh terasa lebih nikmat. Saat menikmati kopi aceh, tidak hanya menikmati rasa yang disajikan, tetapi juga tradisi dan budaya yang terdapat dalam secangkir kopi aceh tersebut. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • Artikel kopi saring aceh
  • penjualan kopi saring
  • membuat kopi saring aceh
  • masa pakai kopi saring
  • Kopi seduh saring kain
  • kopi saring aceh
  • kopi saring
  • Harga kopi sareng aceh
  • cara membuat kopi saring aceh
  • saring kopi aceh medan jual

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Arabica specialty coffee ready to shipping

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi- Menyeduh secangkir kopi akan terasa nikmat bila diiringi dengan khas …

2 comments

  1. au pesan kopi saring aceh dengan 2 saringan nya untuk ruah tangga. ( yang kecil ) satu kilo berapa harganya dengan saringan 2 biji kalau dikirikan ke solo.

    Teria kasih

    • Terima Kasih sudah Memberikan comment pada artikel ‘Kopi Saring Khas Aceh’.
      Sebagai Informasi bahwa kami hanya focus mengembangkan KOPI Arabica BERSERTIFIKASI SPECIALTY, untuk kopi saring khas aceh adalah kopi berbahan dasar robusta. Silahkan searching seller di google. jika anda berminat dengan produk kami silahkan kunjungi dan Keep Closing di web http://www.jual-kopi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »