Breaking News
Home » Berita » Karakteristik Dominan Kopi Flores
Karakteristik Dominan Kopi Flores
Credit : florespos.id

Karakteristik Dominan Kopi Flores

Karakteristik Dominan Kopi Flores-  Kopi dari Indonesia memiliki keunikan yang memikat dan telah diakui di dunia. Karena keunikan dari single origin kopi tersebutlah, hingga kopi Indonesia selalu dilirik dan ingin dinikmati oleh pencinta kopi di seluruh dunia. Ada berbagai faktor yang menentukan keunikan dari setiap karakteristik kopi di Indonesia, tidak hanya dari buah kopi itu sendiri, namun geografis atau faktor alam, metode yang digunakan dalam pemerosesan, maupun varietas kopi itu sendiri.

Begitu pula pada kopi flores yang merupakan kopi dengan jenis arabika dan berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur yang menjadi kawasan sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Kopi ini ditanam pada ketinggian 1.400m dari permukaan laut, sehingga tidak heran bila kopi arabika dari Flores ini memiliki cita rasa yang khas dan juga unik, karena faktor alam memberikan kontribusi kepada setiap karakteristik yang ada pada kopi yang telah dihasilkan. Hal tersebutlah yang membuat kopi asal flores semakin diminati dan digemari oleh para penikmat kopi nusantara maupun mancanegara. Sehingga bukan hal yang mengherankan lagi bila kopi ini menjadi salah satu kopi specialty karena karakteristiknya yang terbilang unik, apalagi didukung oleh cita rasanya yang kompleks dan aromanya juga sangat khas, serta akan lebih terasa dengan jelas bila sudah diseduh dan cupping atau dicicipi. (Baca Juga : Empat Kunci Meningkatkan Keuntungan Petani Kopi)

Karakteristik Dominan Kopi Flores
Credit : kompas regional

Karakteristik Dominan Kopi Flores

Seluruh proses penanaman kopi flores, dilakukan melalui proses organik atau tidak memakai bahan kimia. Sehingga kualitasnya dapat terjamin dan cita rasa kopi ini jadi lebih kuat dan harum. Pada saat panen, kopi flores akan berwana hijau keabu-abuan dan proses pasca panennya biasanya diolah basah ataupun digiling kering. Karakteristik yang ada pada kopi flores lebih ke-sweetness atau memiliki sensasi manis, tingkat keasamannya seimbang atau medium, serta terdapat cita rasa karamel, juga cita rasa coklat, helzanut, kacang macadamia, bahkan juga terdapat cita rasa herbal didalamnya dan full body.

Dengan karakteristik yang dimiliki oleh kopi flores, sehingga jumlah peminatnya juga semakin meningkat. Bahkan Surip Mawardi, Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI) mengatakan bahwa peminat terhadap kopi flores cukup signifikan, namun harus diiringi dengan produktivitas yang terus ditingkatkan untuk memenuhi permintaan pasar. Jadi dapat dikatakan bahwa kopi flores juga merupakan salah satu kopi nusantara yang mampu bersaing dengan pasar kopi baik di Negara ini sendiri maupun hingga ke pasar luar negri. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • karakter kopi flores
  • kopi flores karakteristik
  • karakteristik kopi espresso

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ? – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »