Breaking News
Home » Berita » Waktu Terbaik Konsumsi Kopi
Waktu terbaik Konsumsi kopi
Waktu terbaik Konsumsi kopi

Waktu Terbaik Konsumsi Kopi

Waktu Terbaik Konsumsi Kopi – Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak peminat, terutama sejak diketahui bahwa kopi memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh peminumnya. Namun, bukan berarti minuman ini aman untuk dikonsumsi kapan saja. Kadar yang berlebihan dan penggunaan waktu yang tidak tepat, hanya akan membuat kafein yang terdapat dalam kopi berdampak buruk pada tubuh dan berlaku pula sebaliknya, bila takarannya dan waktu yang digunakan tepat, maka manfaat yang diperoleh juga lebih banyak.

Pada pagi hari. Seorang ahli gizi dari Sydney, Australia, Lyndi Cohen mengatakan bahwa “suatu kebiasaan buruk ketika bangun tidur anda langsung meraih secangkir kopi”. Lyndi menyarankan untuk menahan diri sebentar karena saat bangun tidur, kadang kortisol sedang memuncak. Hormon kortisol atau biasa dikenal dengan hormon setres yang banyak diproduksi saat seseorang sedang setres, namun hormon ini juga memiliki peran dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh, serta hormon ini pulalah yang berfungsi meningkatkan kesadaran dan membuat tidak mengantuk lagi. (Baca juga : apa itu Clear coffee?)

konsumsi kopi
Data Konsumsi Kopi Indonesia

Konsumsi Kopi Berdasarkan Studi

Menurut Lyndi, bila mengonsumsi kopi saat bangun tidur di pagi hari dapat menyebabkan ketergantugan pada kafein agar dapat berenergi. Juga mengonsumsi pada pukul 08.00 sampai 09.00 wib dapat menghambat produksi hormon kortisol yang akan menyebabkan kita menjadi lebih cepat lelah dan mengantuk di pagi hari.

Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Science, Maryland, Steven Miller mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya, yaitu setelah jam 9 pagi dan Lyndi Cohen menyarankan agar mengonsumsi kopi di pertengahan pagi yaitu antara pukul 10.00 dan 12.00 wib pada waktu kortisol sedang menurun.

Sebelum olahraga. Mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa tubuh dan meningkatkan energi. Meminum kopi 30 menit sebelum mulai olah raga dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11 persen dan dapat membantu membakar lemak.

Setelah makan siang. Kegiatan padat dan melelahkan di pagi hari akan berdampak pada keadaan fisik di siang hari. Bahkan sering kali pada siang harinya akan mengalami kesulitan konsentrasi dan mengantuk. Dengan secangkir kopi setelah makan siang atau saat coffe break dapat menghilangkan kelelahan dan menambah energi.

Usahakan agar tidak mengonsumsi kopi pada malam hari karena hal itu berpengaruh pada pola tidur dan akan berdampak buruk pada tubuh. Tapi bila ada suatu keadaan yang memerlukan konsentrasi tinggi dan mengharuskan minum kopi, sesekali saja tidak akan bermasalah. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »