Breaking News
Home » Barista » Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press
Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press
Credit : Craft Coffee

Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press

Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press – French press merupakan suatu alat yang dapat menjadi alternatif dalam membuat kopi yang mudah dan tentunya tidak memerlukan perlengkapan kemplementernya, sehingga alat ini menjadi salah satu alat pembuat kopi yang sangat popular dan banyak diminati oleh berbagai kalangan pencinta kopi.

Sebuah French press atau coffee prees terdiri dari 5 bagian, yaitu Carafe adalah tabung kaca yang berada di dalam frame dan juga merupakan bagian yang paling utama dari sebuah coffee press. Lid adalah penutup yang berada di mulut carafe. Coffee plunger adalah batang yang menghubungkan antara penutup dengan saringan dari coffee press, Filter adalah saringan yang berada di bawah coffee plunger dan berfungsi untuk menyaring bubuk kopi agar tidak tercampur ke dalam hasil seduhan kopi. Handle adalah bagian pegangan atau gagang yang digunakan untuk menuangkan hasil seduhan dari coffee press.

Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press

Setelah mengenal bagian utama dari French press, maka ada beberapa tahapan dalam menyeduh kopi menggunakan coffee press yang satu ini, yaitu:

Pertama:

Buka tutup dan plunger, lalu tuangkan bubuk kopi ke dalam carafe. Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa bubuk kopi yang diperlukan adalah coarse ground coffee atau bubuk kopi yang digiling kasar. Namun, medium juga bisa menjadi pilihan yang tepat, yang penting jangan menggunakan bubuk halus, kalena dapat menyumbat filter dari French press. Agar hasil maksimal, gunakan bubuk kopi dari biji yang baru disangrai atau yang masih fresh agar rasa dan aromanya lebih kuat dan terlihat sedikit oily. (baca juga : Mengapa suhu air seduh kopi Berbeda)

Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press
Credit : bluebottlecoffee.com

Kedua:

Gunakan air dengan suhu kurang lebih 95oC dan tuangkan perlahan ke dalam carafe. Pastikan air yang digunakan tidak terkontaminasi oleh zat dan rasa yang lain. Hindari penggunaan air yang terlalu panas, karena dapat mengurangi rasa dan aroma kopi. kemudian aduk kopi agar larut dengan air.

Ketiga:

Tarik coffee plunger-nya hingga menyentuh filter menyentuh lid/penutup, kemudian tempatkan penutupnya pada carafe. Biarkan kurang lebih 4 menit agar kopi berbaur dengan air panas. Namun jangan terlalu lama, karena dapat menyebabkan pahit akibat over extraction.

Keempat:

Tekan coffee plunger ke bawah dengan hati-hati dan pelan, agar kopi tidak berantakan. Setelah itu, kopi yang diseduh siap untuk diminum. Jangan terlalu lama mendiamkan kopi di dalam French press, karena dapat menimbulkan rasa pahit yang tidak diinginkan. (Dhani)

Incoming search terms:

  • French press kopi aroma
  • cara steam menggunakan french prees

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ? – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »