Breaking News
Home » Barista » Mengapa Suhu Air Seduh Kopi Berbeda
Mengapa Suhu Air Seduh Kopi Berbeda
Credit The ChefSteps Blog

Mengapa Suhu Air Seduh Kopi Berbeda

Mengapa Suhu Air Seduh Kopi Berbeda – Untuk dapat menghasilkan secangkir kopi yang siap untuk dinikmati dengan aroma dan cita rasa yang luar biasa, ada beberapa bagian ataupun faktor utama yang dapat mempengaruhinya. Mulai dari pemilihan biji yang berkualitas, penyangraian serta penggilingannya dan ada satu bagian lagi yang tak terpisahkan yaitu air.

Air merupakan bagian utama dalam penyeduhan kopi agar dapat mengeluarkan aroma dan cita rasa khas yang terdapat dalam kopi. sehingga kopi dan air merupakan satu kesatuan yang harus ada untuk mewujudkan minuman yang mampu memberikan sensasi nikmat tersebut. Tidak hanya keberadaan air saja yang berpengaruh, tetapi rasio dan suhu air tersebut juga memiliki andil dalam mempengaruhi proses penyeduhan kopi dan rasa serta aromanya.

Dengan menggunakan air yang baik, maka rasa kopi yang dihasilkan juga akan semakin baik. Karena pada dasarnya, air-lah yang digunakan sebagai media dalam proses kimiawi untuk pegambilan sari kopi sehingga menjadi suatu larutan minuman yang nikmat.

Jika air yang digunakan untuk menyeduh terlalu panas, maka kopi yang diekstraksi beresiko memiliki rasa yang pahit (Over Extracted). Sedangkan air yang terlalu dingin, maka kopi akan berasa terlalu asam,datar atau rasanya sudah tidak kuat lagi (Under Extracted). (baca juga : Tahapan K3 Standar Coffee Shop)

Mengapa Suhu Air Seduh Kopi Berbeda
Credit : Twitter- Water for Coffee

Mengapa Suhu Air Seduh Kopi Berbeda

Barista Muhammad Aga mengatakan bahwa “suhu tersebut akan menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Berbeda, jika menyeduh air dengan suhu 100 derajat Celcius, maka akan menghilangkan aroma kopi itu sendiri. Karena kopinya sudah matang, maka tidak perlu matang saat menyeduhnya. Sebab, jika terlalu matang justru akan merusak aroma yang ada”.

Menurut National Coffee Association, suhu air yang paling ideal saat menyeduh kopi adalah sekitar 195of – 205of atau 90oC – 96oC. Namun bagi beberapa orang, menyeduh kopi kurang dari 90 derajat celcius lebih nikmat, hal tersebut tidak masalah selama penikmat kopi itu sendiri menyukai rasa dari cara penyeduhan kopi tersebut. Tapi yang pasti, tidak ada yang menyeduh kopi di atas 96 derajat celcius karena dapat menghasilkan rasa pahit pada kopi yang diseduh, selain itu, flavor pada kopi bisa saja hilang.(Dhani)

Incoming search terms:

  • berapa panas ideal menyeduh kopi luak white coffe
  • cappucino mengapa tidak panas
  • suhu air buat kopi robusta
  • suhu standart seduh kopi

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Seduh Dingin Vs Kopi Seduh Panas

Kopi Seduh Dingin Vs Kopi Seduh Panas

Kopi Seduh Dingin Vs Kopi Seduh Panas – Kopi dapat dinikmati dengan berbagai cara seduhan, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »