Breaking News
Home » Barista » Tips Membuat Latte Art
Tips Membuat Latte Art
Credit : sprudgelive

Tips Membuat Latte Art

Tips Membuat Latte Art Saat ini, menikmati secangkir kopi tidak hanya dari cita rasa dan aromanya saja. Namun juga dapat dinikmati dari tampilannya yang luar biasa. Bahkan dalam secangkir kopi terdapat seni yang dapat menambah keindahan yang disajikan oleh seorang barista, sehingga sering kali mengundang decak kagum dari para penikmatnya.

Latte art merupakan suatu seni yang menggambarkan suatu pola di atas kopi yang terdapat dalam foam. Disinilah, skill atau keahlian seorang barista terlihat dengan jelas, bagaimana dia mampu menimbulkan pola tertentu atau bahkan melukiskan sesuatu yang menarik di atas secangkir kopi dengan mempadukan tekstur foam dan bercampur dengan bubuk coklat.

Beberapa hal yang diperlukan sebelum membuat latte art adala susu, espresso, teko uap yang memiliki dinding lurus dengan ceret yang lancip, mesin espresso yang memiliki tongkat uap dengan tenaga yang kuat, 400 ml latte dan thermometer.

Ada tiga tahapan yang harus dilakukan sebelum membuat latte art, yaitu membuat foam yang sempurna, menyeduh espresso, dan menuangkan susu dan espresso art atau latte art. (Baca Juga : Standarisasi Kopi Enak)

Tips Membuat Latte Art
Credit : sprudge

 

Tips Membuat Latte Art

Membuat foam, yang harus dilakukan adalah menuangkan susu dingin secukupnya (1oC) untuk satu cangkir ke dalam teko uap. Akan lebih baik jika disimpan terlebih dahulu di freezer agar lebih lama menguapi susu dan mengurangi kemungkinan mendidihnya serta membuatnya lebih mudah untuk digunakan, setidaknya didinginkan 30 menit sebelum digunakan. Untuk busa yang sempurna, gunakan thermometer agar temperaturnya tidak lebih dari 60-70oC. Setelah itu, diamkan susu selama beberapa detik, agar susu memiliki tekstur yang lembut.

Menyeduh espresso, dengan menggunakan 7-8 gram bubuk espresso untuk membuat satu porsi (shot) espresso. Membuat shot setelah membuat busa susu. Shot yang sempurna mengandung sedikit krim di dalamnya dan menghasilkan rasa kopi klasik. Penyeduhannya dilakukan dalam rentang waktu 21-24 detik untuk menghasilkan shot yang sempurna. setelah itu, tuang shot ke dalam gelas kopi dan jangan diamkan melebihi waktu 10 detik tanpa menambahkan susu ke dalamnya.

Membuat latte art, ada teknik khusus yang dapat digunakan. Pertama teknik Free Pour Latte Art, teknik ini hanya memanipulasi jatuhnya latte ke dalam kopi. Jadi awalnya latte dituangkan di sisi cangkir lalu terus dituangkan hingga ke sisi ujung yang lainnya. Cara ini yang paling sederhana karena tidak membutuhkan stik untuk melukis. Hasilnya bisa berbentuk rosetta atau hati. Kedua teknik Etching merupakan teknik menggambarkan seninya diatas foam dengan campuran bubuk coklat dan memerlukan stik untuk membuat polanya. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »