Breaking News
Home » Berita » Tips Kalibrasi Rasa Bagi Cupper
Tips Kalibrasi Rasa Bagi Cupper
Credit : fratellocoffee

Tips Kalibrasi Rasa Bagi Cupper

Tips Kalibrasi Rasa Bagi Cupper – Pada saat ini, cupping kopi tidak hanya dilkukan oleh orang-orang atau pelaku industri saja, tapi juga dilakukan oleh para penikmat kopi yang semakin memperkaya wawasan mereka tentang karakteristik dari seluruh varietas kopi.

Cupping kopi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan kualitas kopi, mulai dari mengenal, membedakan, dan membandingkan kopi. Seorang cupper atau ahli cupping perlu melakukan kalibrasi. Kalibrasi yang dimaksud adalah menyesuaikan hasil penilaian kopi berdasarkan skor atau nilai standar yang sudah ditetapkan.

Tujuan dari kalibrasi rasa adalah agar para cupper lebih mudah mengingat karakteristik kopi atau profil rasa kopi. Karena kemampuan mengkalibrasi rasa akan terus menurun bila tidak dilakukan kurang dari 2 minggu. Sehingga ketekunan dan kedesiplinan seorang cupper sangat mempengaruhi kemampuanna dalam mengkalibrasi rasa pada kopi.

Sebelum dapat menganalisa atau melakukan kalibrasi pada karakter kopi, para cupper perlu memperkuat daya cecapnya tentang rasa yang paling dasar . Agar dapat membedakan setiap profil rasa dari kopi, dibutuhkan latihan yang rutin dan teratur. Bila telah  berlatih dengan baik, maka para cupper akan dapat membedakan setiap bagian dari karakteristik rasa kopi, baik dari segi asam (acidity), manis (sweetnes), pahit (bitter), asin (saltness), savories, mouthfeel, flavour, dan bagian lainnya. Begitu pula pada aroma yang terdapat pada kopi. Seorang cupper yang terlatih tentu mampu membedakan setiap aroma pada kopi. (Baca juga : Varietas Populer Kopi Arabica)

Tips Kalibrasi Rasa Bagi Cupper
Credit : barita institute

Tips Kalibrasi Rasa Bagi Cupper

Agar dapat melakukan kalibrasi rasa, hal pertama yang harus dilakukan dengan mengenali rasa dasar asin, asam dan manis. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan yang dibutuhkan, seperti gula bubuk, asam sitrat bubuk dan garam bubuk, beserta air dan cup.

Untuk dapat mengenali setiap tingkatan rasa dasar tersebut, masukkan air cup dengan takaran yang sama ke dalam cup-cup yang lain, lalu masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam air. Untuk tingkat pertama, masukkan bahannya dengan satu sendok saja, dalam satu cup, begitu pula untuk tingkat dua dan selanjutna, cukup tambahkan satu sendok untuk membuat variasi rasa yang bertingkat. Setelah itu, coba dicicipi setiap air yang ada di setiap gelas.

Untuk memastikan kemampuan dalam menilai rasa, tandai atau beri kode setiap cup-nya. Lalu diacak, setelah itu nilai kembali dan tentukan tingkatan rasanya kembali. Kemudian cek kebenaran tingkatan rasa berdasarkan kode yang diberi. Lakukan berulang demi meningkatkan kemampuan dalam menilai rasa. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »