Breaking News
Home » Berita » Tips Jantung Sehat Dengan Kopi
Tips Jantung Sehat Dengan Kopi
Tips Jantung Sehat Dengan Kopi

Tips Jantung Sehat Dengan Kopi

Tips Jantung Sehat Dengan Kopi –  Banyak rumor yang beredar dikalangan masyarakat mengatakan bahwa kopi merupakan minuman yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung, karena sering kali peminum kopi merasakan jantungnya berdebar-debar dengan cepat setelah minum kopi. padahal itu hanya berita miring atau isapan jempol belaka.

Biasanya, penyebab peminum kopi merasakan jantungnya berdebar dengan cepat karena meningkatnya denyut jantung. Hal tersebut dikarenakan pengonsumsian kafein dalam kadar yang berlebih dan juga pada waktu yang tidak tepat.

Namun bila mengonsumsi kopi dengan kadar yang pas atau tidak lebih dari 400 mg per harinya dan dengan waktu yang tepat pula, dapat memberikan banyak manfaat pada penikmat kopi tersebut, salah satunya adalah mencegah sakit jantung.

Sebuah studi yang dilakukan di Korea, menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi 3 sampai 5 cangkir perharinya, cenderung memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami endapan kalsium di dalam arteri koronernya. Arteri korener merupakan  pembuluh yang membawa darah berisi oksigen ke otot-otot jantung. Jadi, bila terjadi penyumbatan dapat menyebabkan jantung yang bermasalah. (Baca juga : Standar Kemasan Kopi Roasted dan Bubuk)

Tips Jantung Sehat Dengan Kopi
Tips Jantung Sehat Dengan Kopi

Tips Jantung Sehat Dengan Kopi

Penelitian yang lakukan oleh Gullar, dkk di rumah sakit Kangbuk Samsung, tentang tingkat kalsium arteri koroner (CAC) pada 25.000 sampel menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi 3 sampai 5 cangkir perharinya memiliki 40% kalsium lebih sedikit di dalam arteri koronernya, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Sedangkan orang-orang yang hanya mengonsumsi kopi secangkir perharinya, memiliki 23% kalsium lebih sedikit dalam arteri koronernya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Gullar di Korea dengan jumlah sampel yang besar, menunjukkan manfaat kopi bagi pengonsumsinya yang tentu saja dilakukan secara seimbang. Bahkan penelitian tersebut juga sudah dibenarkan oleh peneliti dari Amerika yaitu Jared Reis, seorang ahli epidomiologi di Institute Jantung Nasional di Maryland. Walaupun Jared Reis tidak terlibat langsung dalam penelitian tersebut, namun bila dilihat dari jumlah partisipannya, sudah dapat memberikan hasil yang akurat menurutnya.

Jadi dapat dinyatakan secara jelas bahwa kopi dapat merusak jantung hanyalah rumor yang tidak berdasar. Malah sebaliknya, kopi dapat memberikan manfaat, salah satunya kepada jantung. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »