Breaking News
Home » Berita » Tips Agar Petani Kopi Sejahtera
Petani Kopi Harus Sejahtera
Petani Kopi Harus Sejahtera

Tips Agar Petani Kopi Sejahtera

Tips Agar Petani Kopi Sejahtera – Petani kopi merupakan orang-orang yang memiliki peran primer dalam keberhasilan setiap tahapan dari proses biji kopi hingga menjadi kopi yang dapat diseduh. Namun, saat ini kesejahteraan para petani kopi sedang dipertanyakan. Mampukah petani memperoleh keuntungan serta kesejahteraan itu sendiri dengan tingginya tingkat komoditas kopi di dunia saat ini?. Hal itulah yang menjadi tantangan kita kedepannya.

Terdapat titik persoalan bagi para petani yaitu para petani hanya mampu mengelola kopi dimulai dari proses penanaman, perawatan, pemanenan dan pengolahan kopi menjadi biji kopi sesuai dengan kebiasaan dan permintaan pasar. Jadi, petani kecil hanya dapat menghasilkan kopi dalam bentuk biji, kulit ari maupun kulit merah. Sementara proses pendistribusian kopi kepada pihak eksportir, memproduksi sendiri dalam bentuk kemasan hanya dapat dilakukan oleh pengusaha yang memiliki modal besar.

Padahal dalam usaha kopi ini, proses produksi, distribusi dan jugan pemasaran merupakan proses yang berpotensi dapat memberikan keuntungan yang lebih besar kepada petani. Namun kendala utamanya ada pada modal dan kepahaman petani itu sendiri yang menjadi faktor kekalahan petani dalam pengelolaan kopi. Sehingga, sistem ekonomi yang berpusat pada modal financial membuat petani kecil tidak mampu bersaing. (Baca juga : Pentingnya Naungan Kopi)

Petani Kopi Gayo
Credit : Sorot Viva (Petani Kopi Gayo)

Tips Petani Kopi Sejahtera

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar para petani kecil juga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan juga dapat menikmati semaraknya bisnis kopi yang mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda bagi mereka, yaitu:

Mendirikan sekolah kopi. Seperti yang diungkapkan oleh Ndaru Adi Pranoto selaku bagian dari 20 desainer terpilih di program ORBIT oleh Badan Ekonomi Kreatif bahwa “supaya mereka berwawasan kopi, bukan sekedar jadi produsen tapi juga mampu bercerita banyak dan mengedukasi. Bukan petani yang sekedar petani saja”.

Adanya Peran BUMDes. Hal ini merupakan tantangan bagi pemerintah untuk memberdayakan petani, sehingga mereka dapat mandiri dengan hasil produksi sendiri. Dengan demikian, keuntungan kopi tidak hanya dapat dirasakan oleh segelintir orang saja.

Pelatihan dari KSU Asnikom. Koperasi Serba Usaha Asosiasi Petani Kopi Manggarai dapat melakukan pelatihan uji cita rasa atau cupping coffee, dengan tujuan agar petani bisa mengenal rasa kopi dari produksinya sendiri, jadi dapat mengetahui apa yang harus dilakukan terhadap kopi produksinya agar lebih baik dan disukai konsumen.

Sertifikasi Fair Trade. Merupakan solusi alternatif bagi petani agar dapat merasakan sistem perdagangan yang berorientasi pada keadilan dengan skala internasional. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »