Breaking News
Home » Berita » Tiga Varian Populer Honey Coffee
honey cofffe processing
honey cofffe processing

Tiga Varian Populer Honey Coffee

Tiga Varian Populer Honey Coffee – Pada pembahasan sebelumnya tentang apa itu honey coffee, sudah dijelaskan secara jelas tentang kenapa proses pasca-panen tersebut dikenal dengan istilah honey coffee, serta bagaimana proses terjadinya honey coffee. Saat ini akan dibahas tentang varian yang dimiliki oleh honey coffee. Kunci utama dari proses honey coffee dan terdapat varian di dalamnya adalah lapisan mucilage.

Lapisan mucilage merupakan lapisan transparan atau lendir yang mengelilingi biji dan bersifat lengket. Lapisan mucilage menyimpan kandungan gula dan acidity yang semakin terkonsentrasikan saat proses proses pengeringannya dan kandungan gulanya akan masuk atau terserap ke dalam biji kopi. sehingga rasa yang dihasilkan biji dengan menggunakan proses honey coffe adalah sweetness yang sangat tinggi dengan balanced acidity.

Dalam proses honey coffee, ketebalan dan ketipisan lapisan mucilage menimbulkan 3 varian yang ditandai dengan terdapatnya 3 warna yang berbeda pada biji kopi tersebut. Tentu saja, warna yang dimaksudkan adalah warna biji kopi setelah proses penjemuran, yaitu yellow honey, red honey, dan black honey. Pada proses ini, semakin tipis lapisan mucilage-nya, semakin cepat proses pengeringannya. (Baca juga : Tips Agar Petani Kopi Sejahtera)

honey coffee
Credit : Los Lajones Estate

Variant Honey Coffee

Yellow honey, dalam prosesnya dimulai dengan mencuci biji kopi dengan air yang bertujuan agar dapat mengurangi jumlah lapisan mucilage yang menempel pada biji kopi. setelah itu baru biji kopi dijemur untuk mengeringkannya dengan cepat dan dilakukan fermentasi secara terkontrol. Bila terlalu berlebihan justru akan merusak cita rasa kopinya. Dalam proses ini, hanya 25% lapisan mucilage yang tersisa di biji kopi setelah proses pencucian biji-biji tersebut. Tempat yang digunakan dalam proses pengeringan biasanya di tempat yang tidak terlalu teduh, agar prosesnya lebih cepat. Kisaran lama pengerjaannya biasanya sekitar 8 hari.

Red honey, dalam prosesnya terdapat sekitar 50% lapisan mucilage yang melekat di biji kopi. untuk proses ini, biji kopi dikeringkan di cuaca yang mendung atau sedikit berawan maupun di tempat yang lumayan teduh. Sehingga, proses ini akan selesai dalam waktu kurang lebih 12 hari. Karena ketebalan lapisannya dan tempat yang dipilih dalam proses pengeringan, menyebabkan proses ini lebih lama dari pada yellow honey.

Black honey merupakan proses terlama dari tiga varian yang terdapat dalam honey coffee, karena lapisan mucilage yang menempel pada biji kopi adalah 100%. Serta masa pengeringan sampai 30 hari agar diperoleh hasil yang maksimal. Namun disbanding ketiganya, black honey mempunyai kompleksitas rasa yang lebih tinggi. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »