Breaking News
Home » Berita » Studi Kopi Hijau Fakta atau Mitos
Kopi Hijau Pelangsing
Kopi Hijau Pelangsing

Studi Kopi Hijau Fakta atau Mitos

Studi Kopi Hijau Fakta atau Mitos- Green coffee atau yang dikenal sebagai kopi hijau sudah sangat populer, terutama di kalangan orang-orang yang melakukan program diet. Fakta atau mitos yang tersebar terkait kopi hijau pun tidak kalah populernya. Studi tentang green coffee sudah banyak dilakukan sejak dahulu, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Shimoda et. al pada tahun 2006. Ia memberikan green coffee extract atau ekstrak kopi hijau (GCE) pada tikus. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa ternyata green coffee dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lemak pada tikus hanya dalam jangka waktu 2 minggu. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia yang terdapat dalam green coffee menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Ya, ini adalah percobaan yang dilakukan terhadap tikus, namun apakah berlaku sama pada manusia?

Green coffee yang diuji coba langsung pada manusia tidak sebanyak pada tikus. Beberapa uji coba terhadap manusia juga hanya terdiri dari sukarelawan dalam jumlah sedikit, karena harga GCE yang cukup mahal. (Baca Juga : Mesin Kopi Espresso di bawah 10 Juta)

Studi Terbaru Kopi Hijau

Tahun 2010, Onakpoya et. al melakukan penelitian untuk membuktikan keampuhan GCE sebagai penurun berat badan pada manusia. Terbukti bahwa berkurangnya berat badan hingga 2.74 kg dalam jangka waktu kurang dari sebulan. Antioksidan yang terkandung dalam green coffee juga membantu mengurangi radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Namun, dosis penggunaan GCE belum dipastikan, dan masih perlu dilakukan penelitian lanjutan karena efek penurunan berat badan yang cukup singkat, GCE belum dapat dikatakan aman bila dikonsumsi untuk jangka waktu yang panjang.

green coffee
Credit : detikFood

Selain menurunkan berat badan, green coffee juga dapat menurunkan tekanan darah yang sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsi green coffee untuk program diet seharusnya dikonsultasikan terlebih dahulu, karena jika orang dengan berat badan berlebih namun juga menderita tekanan darah rendah, ia tidak dapat mengonsumsi green coffee atau pun GCE karena akan memperburuk tekanan darah. Green coffee juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan suplemen lain yang mengandung kafein.

Incoming search terms:

  • Apa kopi hijau mahal
  • cita rasa kopi ijo di coffeshop

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1

Varietas Kopi Di Dunia Bagian 1- Kopi memiliki varietas yang membuat minuman ini selalu eksis. Bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »