Breaking News
Home » Berita » Serangan Penyakit Daun Kopi, apa saja ?
Penyakit Daun Kopi
Credit : agronomers

Serangan Penyakit Daun Kopi, apa saja ?

Serangan Penyakit Daun Kopi, apa saja ? – Pada umumnya, saat masa penanaman hingga masa mendekati panen, sering kali terjadi penyakit pada daun hingga buahnya, baik berupa karat pada daun maupun bercak-bercak yang disebabkan oleh hama tertentu. Hal tersebut juga terjadi pada tanaman kopi.

Ada beberapa penyakit yang menyerang daun kopi, sehingga menyebabkan berbagai gejala buruk bagi pertumbuhan pohon kopi tersebut. Penyakit pada daun kopi dapat berupa :

Karat pada daun kopi merupakan salah satu penyakit pada daun kopi yang disebabkan oleh Hemileia Vastatrix yang menyerang dari masa pembibitan hingga tanaman dewasa. Penyebarannya melalui uredospora yang dapat terbentuk sepanjang tahun. Penyakit yang disebabkan oleh uredospora ini dipengaruhi secara signifikan oleh kelembapan udara.

Gejala tanaman yang terserang adalah timbulnya bercak kuning pada daun yang sakit, kemudian berubah menjadi coklat. Pada permukaan bercak di sisi bawah daunlah terdapat uredospora yang seperti tepung berwarna orange dan jingga. Penyakit ini pulalah yang menyebabkan pohon terlihat kekuningan, daunnya juga mengalami fase gugur yang akhirnya pohon dapat menjadi gundul. (baca juga : Atlet Dunia yang Hobi Minum Kopi)

Karat Daun Kopi
Credit : coffee_rust wired.com

Serangan Penyakit Daun Kopi, apa saja ?

Bercak pada daun kopi merupakan penyakit yang timbul karena disebabkan oleh jamur Corecospora Coffeicola yang muncul sejak masa pembibitan hingga tanaman telah dewasa, bahkan dapat menyerang buah kopi. Ukuran jamur ini bervariasi, ada yang pendek dan juga ada yang relatif panjang. Daun yang terserang penyakit tersebut akan mengalami penimbulan bercak berwarna kuning, namun berbeda dengan karat pada daun kopi, karena bercak kuning tersebut pada tepinya dikelilingi halo (lingkaran) pada daun yang berpenyakit dan timbulnya juga secara acak serta ukuran yang tidak beraturan juga.

C. Coffeicola juga memiliki konidia ganda yang berbentuk seperti tepung berwarna abu-abu dan konidia yang berada di permukaan daun akan mengalami bercak. Penyakit bercak pada daun kopi tidak hanya menyerang daun kopi saja, namun juga merambat hingga ke buah kopi tersebut. Sedangkan untuk buah kopinya, bila sudah terjangkit penyakit ini pada buahnya dapat ditandai dengan timbulnya bercak berwarna coklat pada permukaan buah kopi. Biasanya buah yang paling banyak terkena sinar matahari yang rentan pada penyakit ini. Sehingga menyebabkan pembusukan dan kualitasnya juga menurun secara drastis. (Dhani)

Incoming search terms:

  • penimbulan kafein
  • penyakit pada tanaman kopi

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ? – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »