Breaking News
Home » Berita » Atlet Dunia yang Hobi Minum Kopi
Atlet Dunia yang Hobi Minum Kopi
credit : Kyle Merber on Twitter

Atlet Dunia yang Hobi Minum Kopi

Atlet Dunia yang Hobi Minum Kopi – Secara sederhana, mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kesadaran dan kinerja otak. Kandungan kafeinlah yang paling berperan. Di kalangan para atlit sendiri, banyak yang menyebut kopi sebagai minuman untuk meningkatkan performa, bahkan ada yang kurang percaya diri saat pertandingan sebelum mengkonsumsi kopi. Karena dosis kafein di setiap gelas kopi kemungkinan berbeda, maka para atlit pun disarankan untuk konsisten memilih kopi yang akan dikonsumsi sebelum pertandingan dimulai.

Shalane Flanagan, seorang atlit lari maraton. Ia mengaku bahwa tidak yakin dalam pertandingan sebelum mengkonsumsi secangkir kopi. Ia dan timnya menyebut kopi sebagai PED, performance enhancing drug. Waktu yang tepat menurutnya untuk mengkonsumsi kopi adalah 3 hingga 4 jam sebelumnya, karena berdasarkan kebiasaan. Flanagan bahkan membawa Aeropress miliknya kemanapun, agar ia dapat menyeduh kopinya sendiri meskipun secara manual. Ia pernah kelebihan kadar kafein dalam secangkir espresso, dan berakhir dengan muntah setelah lari sejauh 5000 meter. (baca Juga : Agrowisata Kopi di gayo, Pentingkah?)

Atlet Dunia yang Hobi Minum Kopi

Atlit lainnya adalah Evelyn Stevens, seorang cyclist profesional yang juga merupakan mantan banker. Stevens hanya mengkonsumsi kopi saat pagi hari, berbeda dengan Flanagan yang hanya dalam waktu 3-4 jam sebelum pertandingan. Menurutnya, kopi hanya sebagai pelengkap untuk meningkatkan kesadaran. Ia harus sadar posisi dirinya sendiri dan posisi peserta lain baik yang berada di depan atau belakang garis ketika pertandingan berlangsung, karena yang paling penting adalah tidur yang cukup. Stevens dapat tidur hingga 10 jam perhari. Hal ini juga yang menjadi alasan Stevens tidak pernah mengkonsumsi kopi pada siang hari, karena akan mengganggu waktu tidurnya. Minum kopi pada waktu yang tidak tepat juga akan membuat tubuhnya gemetar, untungnya hanya terjadi selama latihan, bukan pertandingan. Stevens sangat berbeda dengan Chris Hoy yang juga seorang cyclist yang sudah memenangkan 6 medali emas. Kebutuhan Hoy akan kafein kopi membuatnya harus membawa mesin kopi dan grinder di setiap kompetisi.

Itulah beberapa atlit yang dunia yang memasukkan kopi ke dalam daftar penting mereka. Meskipun setiap atlit memiliki kebiasaan dan toleransi kafein yang berbeda-beda. (Windy)

Incoming search terms:

  • Espresso untuk atlet

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Seduh Dingin Vs Kopi Seduh Panas

Kopi Seduh Dingin Vs Kopi Seduh Panas

Kopi Seduh Dingin Vs Kopi Seduh Panas – Kopi dapat dinikmati dengan berbagai cara seduhan, baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »