Breaking News
Home » Barista » Pentingnya Peran Barista Dalam Coffeeshop

Pentingnya Peran Barista Dalam Coffeeshop

Pentingnya Peran Barista Dalam Coffeeshop – Dalam coffee shop, cita rasa kopi yang berkualitas ditentukan oleh keahlian, kekreativitasan dan kejelian seorang barista dalam mengelola kopi tersebut. Untuk menjadi seorang barista yang expert, dibutuhkan usaha dan masa pembelajaran secara terus-menerus, karena barista bukanlah pekerjaan yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman apapun atau pengetahuan apapun tentang kopi. seorang barista haruslah memiliki kemampuan khusus yaitu dapat menciptakan rasa yang pas dan sensasi yang khas dari kopi. Oleh sebab itulah, peran barista tentunya lebih kompleks dan wajib memiliki taste dan kemampuan yang sangat baik dalam memilih biji kopi.

Barista merupakan seseorang yang mengolah kopi sehingga dapat menentukan kenikmatan cita rasa dari kopi dan artistiknya atau keindahan yang dibuat dalam penyajian secangkir kopi. oleh sebab itulah, peran barista sering kali dikatakan sebagai kunci utama dalam menentukan keberhasilan sebuah coffee shop. (Baca juga : Inovasi Budidaya Kopi Saat Ini)

Peran Barista
Credit : Reductress

Saat ini, di Indonesia yang merupakan penghasil kopi terbesar di dunia, profesi sebagai seorang barista masih terbilang langka. Sehingga, tidak heran kalau banyaknya barista yang menjadi rebutan. Bahkan di Australia, seorang barista sangat dijaga dan sangatlah sejahtera karena pekerjaan tersebut sangat dicari oleh para pencinta kopi. Bahkan banyak dari pemilik coffee shop  yang menyekolahkan barista mereka agar dapat meningkatkan keahlian dalam menemukan cita rasa dan penyajian yang lebih baik.

Multi Tasked Peran Barista

Pekerjaan sebagai barista, tidak hanya dibutuhkan di coffee shop atau kedai kopi saja, namun juga dibutuhkan di perusahaan manufacture mesin kopi. Jadi dari seorang baristalah, pihak perusahaan mendapatkan informasi mengenai hasil dari penggunaan mesin tesebut dan dari informasi yang diberikan, digunakan untuk meningkatkan kualitas produk mesin itu sendiri.

Seorang barista tidak hanya mengolah dan menyajikan kopi, tapi juga harus mampu mengoperasikan mesin-mesin espresso komersial yang penggunaannya sangat rumit. Selain itu, tugas yang diemban seorang barista adalah mengukur seberapa besar suhu dan tekanan yang diperlukan dalam membuat espresso, maupun kopi yang dicampur dengan susu seperti latte dan cappuccino, serta seorang barista juga dituntut harus memiliki skill dalam blending kopi. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • tugas barista
  • tugas barista di cafe
  • Tugas dan tanggung jawab barista

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »