Breaking News
Home » Berita » Peneliti Jepang Temukan Metode Pengujian Kopi Luwak
Peneliti Jepang Temukan metode pengujian Kopi Luwak

Peneliti Jepang Temukan Metode Pengujian Kopi Luwak

Peneliti Jepang Temukan Metode Pengujian Kopi Luwak- Kopi luwak dikenal sebagai salah satu product langka yang bernilai jual tinggi. Menyikapi tidak sedikitnya product kopi luwak yang palsu, tim peneliti dari Indonesia & Jepang berhasil menemukan metode pengujian kopi luwak yang original.

Kopi luwak hingga sekarang menjadi perhatian dunia lantaran proses pengolahannya dari kotoran luwak di Indonesia juga rasanya yang unik. 500 gr dihargai sampai $600 atau kira kira Rp 6.705.000,- oleh karena itu banyak petani yang mengklaim product mereka original sehingga buyer agak sulit menentukan luwak ori dan palsu.

Ahli bioteknologi di Jepang sekarang sudah mengembangkan proses kimia guna membedakan green bean luwak & green bean palsu yang dipanen dari pohon kopi. “Kami mau memastikan masyarakat dunia mengetahui kopi luwak original,” papar Sastia Prama Putri dari Osaki University di Jepang. (Peneliti Jepang Temukan metode pengujian Kopi Luwak)

Tim peneliti menggiling 21 kopi varietas berbeda di Indonesia termasuk juga 7 varian kopi luwak & mengukur uji cita rasa dalam biji kopi. Putri menyebutkan para peminat kopi luwak tentu menyadari varian kopi tersebut tak lebih pahit dari kopi biasa.

Peneliti Jepang Temukan metode pengujian Kopi Luwak

Tetapi, tim peneliti menemukan green bean yang paling awal dicerna dalam perut luwak tak mengubah sekian banyak kandungan yang mempengaruhi rasa kopi pahit seperti asam quinic, kafein, asamcaffeic. Kandungan yg beralih justru tingkat asam sitrat sampai dua kali lipat, dikarenakan cairan lambung & enzim luwak.

Dengan Metode mengukur, fokus asam sitrat dengan asam malic & rasio dua kandungan asampyroglutamic & inositol tim peneliti berhasil memisahkan kopi luwak yang original & palsu. Hasil penemuan ini dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Tingkat asam sitrat tersebut mampu menjadi argument mengapa kopi luwak menjadi mahal sekali. “Asam sitrat dapat menjadi indikasi harga mahal satu buah product kopi, kopi tersebut bakal memiliki sentuhan rasa lemon & menciptakan secangkir kopi yg segar,” ucap Mark Overly pemilik Kaladi Coffee Roasters di Denver

Incoming search terms:

  • kopi pahit
  • Penelitian Kopi Luwak
  • rancangan penelitian kopi luwak

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

One comment

  1. I’m quite pleased with the inifomatorn in this one. TY!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »