Breaking News
Home » Berita » Mengidap Diabetes Cegah Dengan Kopi
Mengidap Diabetes Cegah Dengan Kopi
Credit : Sprudge

Mengidap Diabetes Cegah Dengan Kopi

Mengidap Diabetes Cegah Dengan Kopi – Kopi merupakan minuman yang multi-manfaat, sehingga tidak jarang kopi dijadikan minuman yang disetarakan dengan herbal atau obat untuk mencegah maupun mengatasi penyakit tertentu. Tentu saja penyakit yang masih menjadi ranah ataupun jangkauan dari kandungan kopi itu sendiri.

Walau kadang, masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa kopi merupakan minuman yang buruk untuk kesehatan, karena kurangnya informasi tentang manfaat yang dimiliki oleh kopi tersebut. Padahal kalau mengetahui ketentuan tertentu tentang kopi, seperti bila kopi dikonsumsi dengan kadar yang pas dan waktu yang tepat, maka tidak mustahil minuman tersebut memberikan manfaat yang tidak biasa.

Seperti halnya diabetes, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Yongjie Ma dan dilansir dalam Daily Mail, beliau mengatakan bahwa “penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular”.

Diabetes merupakan penyakit yang mempengaruhi tubuh dalam memperoses gula darah. Sedangkan gula darah merupakan  salah satu komponen penting dalam tubuh karena gula darah merupakan sumber energi untuk otak, otot, dan jaringan tubuh. Bila terkena diabetes, berarti tubuh telah terkena gula darah yang berlebih. (baca juga : Kopi Vulcano Kopinya gunung Vulkanik)

Mengidap Diabetes Cegah Dengan Kopi
Credit : Sprudge EightfoldCoffee-TatianaErnst-Eightfold-cortado

Mengidap Diabetes Cegah Dengan Kopi

Sedangkan diabetes kronis memiliki 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Ada beberapa tanda-tanda yang pada umumnya muncul kepada orang yang terserang penyakit diabetes, berupa rasa haus yang terus-menerus, berat badan yang tiba-tiba menurun secara drastis tanpa alasan yang jelas, merasa lemas, iritasi, dan gejala lainnya.

Namun bila dilihat dari hasil penelitian oleh para ilmuan Harvard yang diterbitkan di Diabetologia dengan melibatkan 100.000 orang selama 20 tahun, ditemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi lebih banyak (lebih dari segelas sehari) memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11% lebih kecil. Tetapi orang-orang yang mengonsumsi kopi segelas perhari akan memiliki resiko terkena diabetes 17% lebih tinggi.

Yang perlu diingat dan harus digaris bawahi bahwa meminum kopi yang dimaksudkan disini haruslah meminum kopi tanpa tambahan gula sama sekali. Juga yang harus diketahui bahwa meminum kopi bukan berarti akan terbebas dari resiko terkena diabetes karena tidak ada makanan atau suplemen apapun yang dapat melindungi seseorang dari diabetes tipe 2. Bila diabetes sudah kronis, disarankan berkonsultasi langsung dengan dokter. (Dhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ?

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia ? – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »