Breaking News
Home » Berita » Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat
Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat
Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat

Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat

Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat – Tubruk adalah minuman kopi dengan penyajian sederhana dan alami yaitu dengan disedu air panas dengan suhu standar 93 derajat celcius, sehingga ampasnya ikut dalam minuman kopi. kopi  ini juga menjadi standar kopi untuk metode uji cita rasa kopi Cupping Coffee sesuai dengan cupping protocol SCAA.

cupping-coffee-methode
cupping-coffee-methode

Mengapa Harus Kopi Tubruk ?

Kopi Tubruk akan menampilkan Karakter kopi sesungguhnya. sebagian besar penikmat kopi memilih jenis penyajian tubruk dengan alasan ‘mudah dalam penyajian, jujur dalam rasa serta alami dalam cinta’. Lalu Bagaimana sebenarnya langkah cara Membuat tubruk Kopi Yang Benar Dan Nikmat ?

Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat

Barista Sada Coffee Medan, M. Iqbal membagikan cara yang tepat membuat kopi tubruk yang benar :

  1. Pilihlah Kopi freash roast, biarkan selama 3-4 jam. untuk menghasilkan kualitas kopi yang baik.
  2. Ambil kopi Fresh Roast  sebanyak 10 gram, kemudian di grinder dengan ukuran mes 15-20 (tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar)
  3. Tidak menggunakan air mendidih atau > 100 derajat celcius ketika menyeduh. Cara yang tepat adalah menyedu kopi dengan menggunakan suhu 93 derajat celcius (cupping protocol SCAA)
  4. Tuangkan air panas dengan volume 200 ml suhu 93 derajat celcius ke dalam cangkir yang telah berisi bubuk kopi sebanyak 10 gram. Diamkan selama empat menit. langkah ini digunakan agar seluruh karakter aroma serta rasa kopi keluar dengan sempurna agar kopi yang dihasilkan baik dan nikmat.
  5. Disarankan Minum kopi tanpa gula (manfaat minum kopi tanpa gula).
  6. Jika ingin menambahkan gula disarankan untuk menambahkan gula aren secukupnya.
  7. Kopi juga dapat dinikmati dengan campuran lainya, kebanyakan peminum kopi mencampurkan tubruk dengan susu, syrup bahkan krim.

Kesimpulan Barista tentang Kopi Tubruk

“Tubruk adalah metode penyajian kopi sederhana untuk memperoleh bahkan mengetahui rasa kopi yang sesungguhnya, biasanya tubruk menjadi pilihan para ahli uji cita rasa cupper untuk mendapatkan karakter alami kopi dan dinikmati dengan cara di seruput”.

tips-m-iqbal-cara-membuat-kopi-tubruk-yang-benar-dan-nikmat
tips-m-iqbal-cara-membuat-kopi-tubruk-yang-benar-dan-nikmat

Incoming search terms:

  • cara membuat kopi tubruk
  • resep kopi tubruk lebih nikmat dan sedap
  • takaran kopi tubruk
  • Cara penyeduhan untuk cuping
Membuat Kopi Tubruk Yang Benar Dan Nikmat - Tubruk adalah minuman kopi dengan penyajian sederhana dan alami yaitu dengan disedu air panas dengan suhu standar 93 derajat celcius, sehingga ampasnya ikut dalam minuman kopi. kopi  ini juga menjadi standar kopi untuk metode uji cita rasa kopi Cupping Coffee sesuai dengan cupping protocol SCAA. Mengapa Harus Kopi Tubruk ? Kopi Tubruk akan menampilkan Karakter kopi sesungguhnya. sebagian besar penikmat kopi memilih jenis penyajian tubruk dengan alasan 'mudah dalam penyajian, jujur dalam rasa serta alami dalam cinta'. Lalu Bagaimana sebenarnya langkah cara Membuat tubruk Kopi Yang Benar Dan Nikmat ? Membuat Kopi Tubruk Yang…

0

User Rating: Be the first one !

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »