Breaking News
Home » Berita » Kopi sebagai Bumbu Masakan
Kopi sebagai Bumbu Masakan
Credit : tribun jambi

Kopi sebagai Bumbu Masakan

Kopi sebagai Bumbu Masakan – Masakan bukan hanya soal bagaimana rasa yang dihasilkan, namun juga bagaimana cara memasaknya, waktu yang dibutuhkan, dan alat serta bahan yang digunakan. Indonesia sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam, terkenal pula dengan masakannya yang menggunakan berbagai macam rempah, sehingga menghasilkan masakan khas yang berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Rempah-rempah yang paling sering digunakan juga berbeda takarannya di setiap masakan, seperti kunyit, jahe, lengkuas, bawang, lada, dan lain-lain.

Lalu, apakah kopi dapat digunakan sebagai bumbu masakan? Jawabannnya adalah ya, kopi dapat digunakan sebagai bumbu pelengkap maupun bumbu utama. Penggunaan kopi sebagai bahan utama pada makanan manis seperti kue atau cemilan memang lebih mudah dibandingkan pada masakan yang memiliki rasa asin dan aroma rempah lain yang kuat, aroma khas yang dimiliki kopi akan tertutup dengan aroma rempah.  Aplikasi kopi pada masakan yang paling umum dilakukan dalam 2 cara, yang pertama adalah dengan mengoleskan bubuk kopi pada daging, dan yang kedua adalah karamelisasi kopi menjadi saus.

Mengoleskan bubuk kopi pada daging, terutama daging sapi, bebek, kambing yang lebih keras dibandingkan daging ayam, akan melembutkan tekstur daging tersebut jika didiamkan dalam jangka waktu tertentu. Menurut Adam Byatt, seorang chef yang memenangkan London Restaurant Trinity, merekomendasikan untuk menambahkan bubuk kopi yang segar pada daging, meskipun dalam takaran yang sedikit (1 sendok) tetap akan menambah bitterness yang akan membuat daging golongan manis (bebek liar) menjadi lebih nikmat. (baca juga : Kopi Manis Tanpa Gula)

Kopi sebagai Bumbu Masakan
Kopi sebagai Bumbu Masakan

Kopi sebagai Bumbu Masakan

Sedangkan cara kedua yaitu karamelisasi kopi menjadi saus, diperlukan bahan lain seperti air, gula, lada, atau bahkan kayu manis. Ada yang menggunakan bubuk kopi langsung agar lebih kuat aroma dan rasa kopi tersebut, ada juga yang menggunakan sisa seduhan yang mana memang sudah tercampur air untuk dimasukkan bersama campuran saus lainnya.

Di Indonesia sendiri, sudah tersedia menu masakan yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar utama. Mereka menggunakan kopi java robusta, karena memiliki rasa dan aroma yang paling cocok jika dikombinasikan dengan masakan yang rasanya gurih, berbeda dengan arabica yang lebih asam. Rasanya yang unik dan antimainstream ternyata mampu menarik perhatian pengunjung restoran tersebut. Sebenarnya, tanpa perlu ke restoran pun semua orang dapat berkreatifitas untuk membuat masakan coffee-based sendiri. Apalagi kopi bukanlah termasuk barang yang langka dan sulit ditemukan.

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »