Breaking News
Home » Berita » Karakter Dominan Kopi Gayo
Karakter Dominan Kopi Gayo
Karakter Dominan Kopi Gayo

Karakter Dominan Kopi Gayo

Karakter Dominan Kopi Gayo – Ada berbagai macam varietas single origin coffee yang ada di Indonesia. Hal tersebut merupakan suatu yang patut dibanggakan oleh Negara ini karena di kancah dunia, kopi Indonesia mampu bersaing dengan produk kopi dari Negara lainnya, baik dari segi rasa, aroma maupun varietas itu sendiri. Bahkan, saat ini sudah banyak permintaan terhadap kopi dari berbagai daerah di Negara ini karena setiap single origin coffee yang dimiliki Indonesia, memiliki ciri khas dari berbagi aspeknya.

Salah satu dari varietas tersebut merupakan kopi gayo. Kopi gayo merupakan kopi yang berasal dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi daerah Gayo. Gayo merupakan daerah dengan kawasan alam pegunungan, vulkanik yang sejuk, lereng datar, berbukit, bergelombang, dan curam. Dengan kekhasan agroklimat tersebut dan cara pengolahan yang spesifik, sehingga cita rasa gayo coffee secara keseluruhan tidak sama dengan kopi arabika yang diproduksi dari daerah lain. (Baca juga : Apa Saja Defect Pada Kopi)

Intensifikasi perkebunan kopi sada Coffee
Intensifikasi perkebunan kopi sada Coffee

Di daerah tersebut, kopi ditanam dengan cara organik tanpa tambahan bahan kimia. Sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau atau kopi yang ramah lingkungan. Jadi, tidak heran jika gayo coffee disebut-sebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.

Gayo Coffee merupakan kopi yang memiliki aroma dan cita rasa yang sangat khas. Bila pada kebanyakan kopi, rasa pahitnya tertinggal di lidah, maka tidak pada kopi ini. Rasa pahit hampir tidak terasa pada kopi di daerah gayo. Jadi, dapat dinyatakan bahwa kekhasan dari kopi asal gayo adalah intensitas aroma yang harum dengan tambahan aroma humus juga ada aroma gula, kekentalan yang kuat dan rasa yang gurih atau hampir tidak ada pahitnya, serta tidak sepat (astringent).

Drying Kopi Gayo
Drying Kopi Gayo

Istimewanya Kopi Gayo

Keistimewaan rasa dan aroma yang dimiliki oleh kopi gayo, membuat kopi ini menjadi primadona diantara varietasnya yang laini. Bahkan tidak sedikit dari penikmat kopi yang berpendapat bahwa rasa dari kopi gayo melebihi cita rasa dari kopi blue mountain yang berasal dari Jamaika. Namun, tentu saja kopi blue mountain dan kopi gayo memiliki karakter, kekhasan dan keunggulannya masing-masing. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »