Breaking News
Home » Berita » Sehat Dengan Konsumsi Kopi
sehat dengan konsumsi kopi
sehat dengan konsumsi kopi

Sehat Dengan Konsumsi Kopi

Sehat Dengan Konsumsi Kopi – Sudah banyak dilakukan penelitian terkait manfaat kopi bagi kesehatan. Namun masih ada pandangan yang menganggap bahwa kopi tidak baik dikonsumsi. Pernyataan ini tentu benar jika mengkonsumsi kopi terlalu berlebihan, dan kopi yang dikonsumsi tidak melalui proses yang benar sehingga tidak semua komponen dalam kopi dapat dirasakan manfaatnya. Kopi juga mengandung nutrisi seperti Riboflavin, asam Pantothenic, Mangan, Pottassium, Magnesium, dan Niacin.

Meminum kopi sebanyak 2 – 3 kali sehari dengan dosis kafein 50 – 100 mg di setiap cangkir masih dalam batas yang dapat ditoleransi. Dosis ini juga sangat tepat untuk mendapakan manfaat kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi tanpa gula atau pemanis buatan yang mengandung kolesterol tinggi.

Kafein dalam kopi yang diserap tubuh dan masuk ke dalam peredaran darah akan diantar ke otak, membantu daya ingat untuk jangka pendek (short-term memory), memblokir adenosin sehingga tubuh terasa lebih segar dan tidak mengantuk, dan meningkatkan fungsi kognitif. Saat menginjak usia lansia, penyakit Alzheimer dan Parkinson yang merupakan gangguan saraf dapat dihindari hingaa 60%. Metabolisme tubuh juga meningkat hingga 3-10%. Lemak jahat yang berada dalam tubuh juga terbakar oleh kafein hingga 10% pada penderita obesitas. (Baca juga : Karakter Dominan Kopi Gayo)

Minum Kopi
Minum Kopi

Konsumsi kopi hindari penyakit

Resiko terserang penyakit diabetes tipe 2, yaitu gejala peningkatan gula darah dan gangguan kerja insulin, juga dapat dikurangi dengan konsumsi kopi sebanyak 20-50%. Kopi juga menjaga hati dari kerusakan yang membentuk jaringan seperti tisu karena serangan hepatitis ataupun lemak hati.

Depresi yang berujung pada bunuh diri merupakan gangguan mental yang semakin marak saat ini. Penelitian pada 208.424 orang yang minum kopi 4 atau lebih canggkir perhari dapat menurunkan resiko depresi dan menurunkan keinginan untuk bunuh diri hingga 53%.

Dan yang terakhir adalah kandungan anti-oksidan dalam kopi yang lebih banyak dibandingkan pada buah. Tidak heran jika suplemen diet mengandung kopi atau merupakan ekstraksi dari biji kopi hijau (Green bean).

Untuk mendapatkan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh seperti uraian singkat di atas, maka pastikan kopi yang dikonsumsi benar-benar jelas asal usulnya. Mulai dari jenis kopi yang digunakan, proses pengolahan, hingga disajikan dalam cangkir, karena edukasi kopi tidak ada salahnya. (windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »