Breaking News
Home » Berita » Jenis Kopi Nusantara yang Diminati Buyer
Jenis Kopi Nusantara yang Diminati Buyer
Jenis Kopi Nusantara yang Diminati Buyer

Jenis Kopi Nusantara yang Diminati Buyer

Jenis Kopi Nusantara yang Diminati Buyer – Kopi nusantara sudah sangat dikenal kenikmatannya hingga ke luar negeri. Di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan China umumnya mereka membuka coffee shop khusus yang menjual kopi asal nusantara. Selain itu, Norwegia sebagai negara peminum kopi terbanyak di dunia menjadi tujuan pemasaran kopi nusantara. Hal ini tentu menguntungkan Indonesia sebagai produsen kopi nomor tiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam.

Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang tumbuh di beberapa daerah berbeda, beberapa diantaranya adalah Arabica Gayo, Arabica Sumatera Mandheling, Robusta Sumatera, Robusta Java, Liberica, dan Excelsa. Hal lain yang mungkin mempengaruhi minat pembeli kopi adalah karena kopi nusantara tumbuh di area berbeda dengan kondisi alam yang berbeda, sehingga memiliki karakteristik rasa yang berbeda pula.

Hampir semua jenis kopi nusantara diminati pembeli, namun yang paling banyak adalah jenis Arabica, seperti Arabica Gayo, Arabica Sumatera Mandheling,Toraja coffee dan Robusta Java. empat jenis kopi ini bahkan memiliki angka ekspor tertinggi dibandingkan jenis kopi lainnya. Beberapa negara yang menerima ekspor kopi nusntara adalah USA, Jernam, Italia, Jepang, Inggris, Belgia, Malaysia, China, India, Mesir, dan Algeria. (baca Juga : History Kopi Luwak Dulu dan Kini)

green bean sada coffee
green bean sada coffee

Robusta asal nusantara memiliki bentuk yang bagus, hal ini karena iklim tropis Indonesia cocok untuk Robusta sehingga tumbuh dengan baik, sedangkan Arabica meskipun lebih cocok tumbuh di daerah dengan iklim subtropis dan harganya yang relatif mahal, namun tetap tidak mempengaruhi turunnya peminat Arabica nusantara.

Jenis Kopi Nusantara Lainnya

Selain Arabica dan Robusta, kopi Luwak juga cukup banyak diminati bahkan oleh penduduk lokal karena rasanya yang lebih lembut menurut sebagian orang. Harganya yang cukup mahal dipengaruhi oleh proses pembuatan kopi itu sendiri, yaitu dengan memberikan luwak biji kopi untuk dikonsumsi, sehingga sisa biji kopi yang tidak dicerna luwak dapat diproses menjadi kopi yang dapat dikonsumsi manusia. Namun proses ini juga memiliki pro dan kontra, dikarenakan luwak yang berada dalam kandang dan makanan yang dikonsumsinya sebagian besar adalah kopi akan menyiksa luwak itu sendiri.

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »