Breaking News
Home » Berita » Daun kopi atau Kawa Daun
Daun kopi atau Kawa Daun
Credit : pertanianku.com

Daun kopi atau Kawa Daun

Daun kopi atau Kawa Daun – Kopi merupakan minuman yang terkenal karena rasa dan aromanya yang khas, juga manfaat yang terkandung dalam secangkir kopi sungguh luar biasa bagi tubuh penikmat minuman ini. Sehingga kopi dan ngopi selau menjadi bagian penting dalam keseharian sebagian orang. Namun, selain dari keistimewaan yang terdapat pada biji kopi yang diolah hingga sampai pada tahap diseduh, juga terdapat manfaat lain yang terkandug pada daun kopi atau orang Sumatera Barat cenderung menyebutnya dengan Kawa Daun.

Kawa Daun memiliki sejarah yang panjang, hingga minuman tersebut dapat dinikmati saat ini. Bermula dari masa penjajahan Jepang di Indonesia, para petani kopi di Sumatera Barat yang telah memanen kopi tidak dapat menikmati buah kopi yang telah dihasilkan karena buah kopi atau biji kopi yang masih segar telah diekspor keluar negeri. Bahkan ada juga yang dinikmati oleh para penjajah Jepang. Saat itu, minuman kopi dapat menunjukkan kelas sosial atau tingkat derajat seseorang. Karena keinginan kuat para petani yang ingin mencicipi dan menikmati secangkir kopi setiap harinya, sehingga mereka berinisiatif untuk membuat kopi dari daun kopi.

Ternyata daun kopi memiliki cita rasa yang tidak kalah nikmat dari seduhan biji kopi. Sehingga sampai saat ini, tradisi meminum kopi dari daun kopi sudah menjadi hal yang lumrah di ranah minang. Bahkan minuman ini juga sudah menyebar ke mancanegara. (Baca juga : Kopi Dan Roti Bukan Menu Sarapan)

Daun kopi atau Kawa Daun
Credit : jualo.com

Daun kopi atau Kawa Daun

Cara pembuatan Kawa Daun masih sangat tradisional, yaitu dengan dengan mengeringkan daun-daun dari kopi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan cara disangrai di atas perapian selama lebih kurang 12 jam. Tahap ini tergolong memakan waktu yang sangat banyak. Namun ada alternatif lain dengan menyusun daun kopi untuk dikeringkan lalu dibakar di atas perapian berbahan bakar kayu, sehingga sedikit gosongg.

Lalu, cara meyeduh Kawa Daun adalah dengan mencampurkan daun kopi dan air lalu dimasak hingga mendidih. Selain itu, juga bisa diseduh dengan cara meramas daun kopi yang sedikit gosong menjadi serpihan kecil, lalu diseduh dengan air panas. Setelah itu remah tersebut disaring.

Khasiatnya dapat mengatasi hipertensi, melawan kanker ganas, menyembuhkan kurap, menormalkan tekanan darah, memperlancar saluran pernafasan dan mencegah peradagangan. Selain itu, Kawa Daun juga memiliki kafein seperti layaknya biji kopi, hanya saja kadar kafeinnya tidak sebanyak biji kopi. Jadi, bagi bagi yang tidak meyukai kafein namun ingin menikmati sensasi kopi, Kawa Daun sangat direkomendasikan kepada orang-orang tersebut. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim

Mutu Kopi Akibat Perubahan Iklim- Kopi merupakan komoditas kedua setelah minyak bumi yang paling banyak diperdagangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »