Breaking News
Home » Barista » 3D Latte Art seni 3 dimensi secangkir kopi
3D Latte Art
Credit : Tokyo Otaku Mode

3D Latte Art seni 3 dimensi secangkir kopi

3D Latte Art seni 3 dimensi secangkir kopi- Kopi merupakan minuman yang sudah menjadi minuman favorit bagai sebagian orang atau dapat dikatakan bahwa kopi sudah menjadi primadona dikalangan masyarakat tanpa batasan apapun. Apalagi dengan berbagai inovasi dan kreatifitas yang menambah nilai tarik dan juga nilai jualnya. Sehingga, semakin banyak lagi orang yang menaruh perhatian lebih pada setiap kreasi yang dibuat oleh barista maupun para pecinta kopi lainnya.

Salah satu hal yang menarik dari kopi adalah latte art yang menambah nilai keindahan dari secangkir kopi. Latte art merupakan penyajian espresso bersamaan dengan menuangkan susu panas kecangkir espresso tersebut dan menciptakan pola atau desain di atas permukaannya. Latte art juga bisa disebut sebagai seni melukis di atas kopi. untuk dapat memberikan tampilan yang indah dan menarik pada kopi yang akan disajikan, tentu saja membutuhkan skill dan latihan secara terus-menerus.

Saat ini, yang menjadi nilai tambah dari kreasi latte art adalah tampilan seni tersebut dalam bentuk 3D. seni 3D latte art ini pertama kali dikenalkan oleh seorang barista dari Jepang yang bekerja di kafe 10g Osaka, yaitu Kazuki Yamamoto. Berawal dari kegemarannya melukis di atas kopi latte hingga dia berhasil membuat sebuah inovasi latte art tersebut dalam tampilan 3D.

Kreasi melukis 3D latte art atau sekarang bisa kita sebut membuat kreasi patung mungil atau kecil di atas kopi dan dibentuk sedemikian rupa hingga muncul dari permukaan kopi tersebut. Membuat kreasi yang berasal dari busa (foam) susu tersebut, tentu saja membutuhkan kemampuan ataupun keahlian khusus, tehnik tingkat tinggi atau expert dan juga kecepatan, karena membuat patung dari busa yang rapuh bukanlah hal yang bisa dianggap mudah. (Baca juga :Teknologi Terapandari ampas kopi)

3D Latte Art
3D Latte Art

3D Latte Art seni 3 dimensi secangkir kopi

Untuk membuat sebuah 3D latte art, tidak jauh berberda dengan membuat latte art yang biasanya. Hanya saja, dalam proses pembuatannya membutuhkan satu komposisi lagi yang harus dicampurkan bersamaan dengan susu cair agar bentuk yang dibuat dapat bertahan lama.

Rahasia pembuatannya ada pada putih telur. Jadi para barista akan mencampurkan putih telur dan susu cair, lalu dikocok bersamaan hingga mengembang sempurna. agar putih telur tidak mempengaruhi rasa serta aroma dari susu dan juga kopi yang akan disajikan, maka diperlukan ketelitian agar sesuai antara takaran susu dan putih telur tersebut.

Karena keindahan bahkan cenderung terlihat imut, banyak penikmatnya yang merasa enggan untuk merusak tampilan 3D tersebut. Namun, seindah apapun tampilan dari latte art, tetap saja cita rasa kopi itu sendiri yang menjadi point utamanya. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »