Breaking News
Home » Berita » Q Grader Vs R Grader, penguji cita rasa
Q Grader Vs R Grader, penguji cita rasa
Credit : daily coffee news

Q Grader Vs R Grader, penguji cita rasa

Q Grader Vs R Grader, penguji cita rasa – Kopi dapat dianggap sebagai sesuatu yang sangat subjektif karena dalam menikmati cita rasanya mengandalkan persepsi rasa yang tentu saja setiap orang berbeda-beda dalam memberikan penilaiannya. Sehingga, perlunya suatu tindakan nyata dalam menentukan standard dari kopi yang berlaku secara umum atau menyeluruh. Karena alasan tersebutlah, sehingga adanya quality control dari Coffee Quality Institute (CQI) yang berada di Long Beach, California dengan penilaiannya yang bersifat kredibel serta dapat diverifikasi. Jadi, para eksportir, importer, petani dan seluruh orang yang terlibat dengan kopi akan memiliki acuan bila bicara tentang kualitas kopi.

Orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan sistem penilaian tersebut sering dikanal denga Q Grader untuk Arabika dan R Grader untuk Robusta. Saat ini, profesi sebagai Q grader & R Grader sudah memiliki peminat yang jumlahnya terus meningkat karena kepopuleran kopi dan kegiatan ngopinya juga telah menagalami peningkatan. Bahkan tidak jarang yang menjadikan kopi dan ngopi sebagai life style pergaulannya ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat yang dijalaninya.

Seorang Q & R Grader haruslah memiliki kemampuan dalam cupping kopi atau dapat mengevaluasi keseluruhan dari atribut yang terdapat dalam kopi itu sendiri. Adapun beberapa karakteristik utama yang harus diperhatikan oleh cupper adalah Fragrance atau wangi bubuk kopi yang masih kering, Aroma atau wangi kopi yang sudah ditambahkan air panas, Flavor atau rasa dan aroma sebuah kopi, Aftertaste atau rasa yang tertinggal setelah menikmati kopi, Acidity atau tingkat keasaman kopi, Body atau berat kopi di dalam mulut, Uniformity atau konsistensi rasa pada cangkir, Balance atau keseimbangan seluruh komponen, Clean Cup atau evaluasi pada setiap kontaminasi luar, Sweetness atau rasa manis alami pada kopi, Overall atau penilaian individu cupper. (Baca juga :3D Latte Art Seni 3dimensi secangkir Kopi)

Q Grader Vs R Grader, penguji cita rasa
Credit : Gather Coffee Company

Q Grader Vs R Grader, penguji cita rasa

Untuk menjadi seorang Q Grader atau R Grader yang bersertifikat, ada serangkaian tes yang harus dilewati. Beberapa tahapan dalam tes tersebut terdiri dari :

  • General Coffee Knowladge

Merupakan tes tertulis seputar pertanyaan umum tentang kopi, mulai dari penanaman, panen, roasting hingga penyeduhannya.

  • Sensory Skill Test

Tes menentukan rasa manis, asam maupun asin dalam beberapa intensitas

  • Coffee Grading

Tes menyeleksi green bean dan roat bean untuk menentukan grade kopi

  • Cupping Skill Test

Tes mencicipi kopi dari berbagai jenis kopi

  • Olfactory Skill Test

Tes menentukan aroma pada kopi

  • Triangulation Skill Test

Tes mencari kopi yang berbeda dari beberapa cangkir kopi

  • Organic Acid Matching Pair

Mengidentifikasi zat asam tambahan yang ada dalam kopi

  • Sample Roast Identification

Tes untuk mengidentifikasi hasil sangrai dalam secangkir kopi

Sertifikat Q & R Grader hanya berusia 3 tahun, jadi harus diperpanjang sebelum masa kadaluarsanya. Walaupun terdapat banyak kesulitan dalam tes tersebut, tetap masih banyak orang yang bersemangat untuk menjadi seorang Grader. (Ramadhani)

Incoming search terms:

  • bagian penguji rasa
  • perbedaan r dan q grader
  • r grader co
  • sertifikat q grader

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »