Breaking News
Home » Barista » Tips Seduh Menggunakan Vietname Drip
Tips Seduh Menggunakan Vietname Drip
Credit : tripadvisor.uk -vietnam drip

Tips Seduh Menggunakan Vietname Drip

Tips Seduh Menggunakan Vietname Drip-  Sesuai dengan namanya, metode ini pertama kali muncul dari Vietnam. Dimulai dari kebiasaan menyeduh kopi dengan cangkir logam sederhana, dan menambahkannya dengan susu kental manis sudah menjadi kebiasaan turun-temurun. Jenis kopi yang paling cocok untuk metode seduh ini adalah kopi yang berasal dari Vietname, namun sekarang sudah meluas dan dapat diaplikasikan ke jenis kopi lain. Vietname drip juga dapat dilakukan siapa saja, hasil seduh bergantung pada grind size dan waktu yang digunakan untuk ekstraksi.

Dimulai dari tips untuk alat yang digunakan, cangkir logam beserta damper atau pemadat harus bersih dari residu penyaringan kopi sebelumnya. Meratakan kopi yang sudah digiling dengan damper juga tidak perlu terlalu kuat, karena butiran kopi akan menjadi sangat padat sehingga air panas yang keluar akan melambat, dan terjadilah over extracted pada kopi. (Baca juga : Liberica vs Excelsa Coffee)

Tips Seduh Menggunakan Vietname Drip
Credit : flipboard- vietnam drip

Tips Seduh Menggunakan Vietname Drip

Tips untuk bahan-bahan yang dipersiapkan, mulai dari kopi, air panas, susu, dan es (sesuai keinginan). Jika kopi masih dalam bentuk biji, gilinglah sesuai grind size yang paling kasar yaiu coarse grind karena saringan pada cangkir Vietname drip didesain cukup besar sesuai standar pembuat kopi, maka ukuran coarse grind (sama seperti menggunakan French press) akan mencegah kopi jatuh ke dalam gelas penampung. Air panas yang akan digunakan sebaiknya mulai dipanaskan ketika menggiling kopi, lalu setelah mendidih didiamkan selama 30 detik, karena suhu yang tepat untuk metode Vietname drip ini berkisar 90-95 derajat Celcius.  Perlu diingat bahwa waktu ekstraksi kopi adalah antara 4 sampai 5 menit.

Hasil seduh Vietname drip tentu dapat dinikmati begitu saja tanpa tambahan apapun dengan teksturnya yang kental, serta jangan lupa untuk mengaduknya karena metode seduh ini menghasilkan rasa yang berbeda di setiap lapisan. Jika ingin menambahkan susu, tuang susu terlebih dahulu ke dalam gelas sebelum menyeduh kopi, dan tambahkan es setelah susu dan kopi diaduk hingga rata.

Metode Vietname drip sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu. Alat yang digunakan juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Namun, sangat disayangkan karena metode ini hanya cukup untuk 1 cangkir sekali seduh. (Windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya?

Organic Coffee, Apa Syaratnya? – Mengonsumsi minuman yang mengandung banyak manfaat dan diklaim sebagai minuman yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »