Breaking News
Home » Berita » Tips Perawatan Kulit dengan Kopi
Tips Perawatan Kulit dengan Kopi
Tips Perawatan Kulit dengan Kopi

Tips Perawatan Kulit dengan Kopi

Tips Perawatan Kulit dengan Kopi – Saat ini sudah banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung kopi. Dari mulai krim pelembab hingga scrub pembersih wajah. Kafein yang terkandung dalam kopi mampu menjadi anti oksidan sehingga menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit serta membersihkan sel-sel kulit mati. Namun, membuat skincare dengan kopi yang diolah sendiri tentu lebih banyak manfaatnya, dibandingkan membeli produk skincare dengan kandungan kopi yang sedikit dan sudah dicampur dengan bahan kimia lain. Berikut cara membuat dan tips untuk membuat skincare sendiri serta manfaatnya.

Perawatan Kulit Dengan Kopi

Skincare pertama dengan membuat masker kopi. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapat dan harganya lebih terjangkau, antara lain kopi, coklat, susu, madu, minyak zaitun, dan lemon.

Untuk kulit wajah kering campurkan kopi yang sudah digiling halus, coklat yang digiling halus, madu, susu atau minyak zaitun. Setelah semua bahan dicampur hingga membentuk pasta, oleskan pasta tersebut dengan gerakan melingkar, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Sisa pasta dapat digunakan untuk 3 hari selama disimpan di dalam lemari pendingin. (Baca Juga :Skill Roaster, pentingkah?)

kopi dan kesehatan kulit
Credit : Hello Sehat

Sedangkan untuk kulit berminyak, gunakan bahan dengan cara yang sama, namun ganti susu dengan air lemon. Air lemon dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah dan kafein tetap menjaga kelembaban kulit.

Untuk scrub pembersih, kopi cukup digiling hingga halus lalu diusapkan ke kulit. Perlu diperhatikan ketika menggiling kopi untuk scrub atau pun masker, kopi harus benar-benar halus agar tidak merusak kulit, karena butiran kopi yang terlalu kasar bukan hanya mengangkat sel kulit mati namun juga merusak sel kulit yang baru.

Manfaat lain yang didapat dari penggunaan kopi sebagai perawatan kulit adalah mencerahkan bagian gelap di bawah mata, mengecilkan pori-pori wajah, mencerahkan, dan sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kulit yang kemerahan.

Namun perlu diketahui, menggunakan kopi sebagai perawatan kulit alami prosesnya tentu tidak instan sepeti menggunakan produk buatan yang mengandung tambahan bahan kimia lain. Sehingga butuh kesabaran dan pemakaian yang rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. (Windy)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »