Breaking News
Home » Berita » Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi
Arabica specialty coffee ready to shipping
Arabica specialty coffee ready to shipping

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi- Menyeduh secangkir kopi akan terasa nikmat bila diiringi dengan khas dari rasa dan aromanya yang kuat. Cita rasa kopi serta aroma yang dimilikinya memiliki peranan yang sangat signifikan pada kopi yang diseduh karena kedua bagian tersebut merupakan hal-hal yang wajib ada pada kopi. bila ada satu, apalagi kedua bagian tersebut hilang maka akan mengurangi bahkan menghilang kenikmatan dalam mencicipi kopi. Namun, banyak orang yang cenderung membeli dalam jumlah banyak atau menyetock bubuk kopi. Padahal lebih baik menyimpan biji kopi dari pada bubuk kopi agar kualitas tetap terjaga. Sehingga saat diseduh akan tetap terasa nikmat.

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih biji kopi yang berkualitas dan juga tips menyimpan biji kopi yang benar dari para ahlinya, Jon Liman seorang ahli sangrai atau roaster kopi di Smoking Barrels Craft Coffee, member tips yaitu

Mencari tahu masa sangrai atau roasting biji kopi. Tentu saja hal yang pertama kali harus dicari tahu adalah kapan biji kopi tersebut disangrai. Jon mengatakan bahwa, sebelum membeli biji kopi, carilah terlebih dahulu kopi yang roast date yang belum terlalu lama. Jon juga menyatakan kalau kopi yang bagus pun adalah kopi yang jelas asal-usulnya. Seperti dari perkebunan mana, diproses dengan menggunakan cara apa, dan hal terkait lainnya. Untuk mengetahui informasi tersebut, dapat dilihat dari kemasannya karena seorang roaster yang baik, akan mencantatkan roast date-nya pada kemasan kopi. hal tersebut penting untuk memastikan bahwa biji kopi yang dibeli masih dalam keadaan segar atau fresh. (Baca juga : Fungsi Tanaman Penutup Tanah pada Kopi)

Tips Memilih Dan Menyimpan Biji Kopi

Mencium aroma biji kopi. untuk mengetahui kualitas biji kopi, dapat dinilai dari aroma yang terdapat pada biji kopi tersebut. Semakin kuat dan tebal aroma yang terdapat pada biji kopi, maka dapat dikatakan bahwa kopi berkualitas tinggi. Namun bila sebaliknya, yaitu biji kopi beraroma samar atau bahkan tidak ada aroma sama sekali, maka kualitasnya rendah, meragukan atau bahkan berkualitas buruk.

Menyimpan biji kopi pada wadah yang tepat. Menyimpan biji kopi juga tidak boleh sembarang letak karena dapat menghilangkan aroma pada biji kopi tersebut. Jon mengatakan bahwa untuk penyimpanan kopi yang baru disangrai, sebaiknya disimpan dalam kantong rapat yang memiliki oneway valve atau wadah yang memungkinkan udara dari dalam keluar dan udara dari dalam tidak leluasa masuk. Saat masih fresh, biji kopi biasanya masih mengeluarkan gas, jadi oneway valve dapat membiarkan gas kelua dan tidak stuck di dalam wadahnya. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »