Breaking News
Home » Berita » Specialty Kopi vs Komersial Kopi, 3 Kunci Perbedaan Proses
Specialty Kopi vs Komersial Kopi, 3 Kunci Perbedaan Proses
Specialty Kopi vs Komersial Kopi, 3 Kunci Perbedaan Proses

Specialty Kopi vs Komersial Kopi, 3 Kunci Perbedaan Proses

Specialty Kopi vs Komersial Kopi, 3 Kunci Perbedaan Proses – Apa yang membuat kopi specialty kopi begitu istimewa? Jika dikaji dari kualitas biji tentu specialty kopi lebih baik  daripada biji kelas komersial, tapi mengapa? Apakah hanya itu saja perbedaan dari keduanya?

Specialty Kopi Review

Ada sejumlah pekerjaan rinci yang digunakan untuk memproduksi kopi khusus berkualitas tinggi. Misalnya penggunaan pupuk khusus, ketinggian yang pas seta perlakuan khusus lainnya. Untuk menghasilkan biji (green bean) khusus, Ada beberapa rentetan proses panjang yang harus diperhatikan. Setidaknya ada 3 titik perbedaan antara specialty kopi dan komersial kopi sebagaii poros untuk memperoleh secangkir kopi yang baik.

  1. Hanya Petik Merah

Kontrol kualitas dimulai dari pemetikan buah kopi yang betul-betul merah. Hal ini tentunya memerlukan kesabaran dan kemampuan baik.

Secara tradisional, pemetik kopi diperintahkan untuk memilih setiap dan semua buah kopi yang terlihat – hijau, kuning, merah, atau bahkan hitam. Ya, hitam. Mereka tidak memikirkan kualitas namun lebih mengejar kuantitas, alasannya begitu sederhana, kopi biasanya telah dijual sebagai komoditas dasar dan bukan produk mewah. Dengan model bisnis seperti itu, semakin banyak uang diperoleh petani tradisional.

Specialty vs Komersial Kopi, 3 kunci perbedaan proses
Specialty vs Komersial Kopi, 3 kunci perbedaan proses

Namun untuk kelas specialty kopi, hal-hal tersebut harus dirubah. Pemetik harus memiliki kemampuan khusus ‘Pemetik khusus perkebunan kopi’ diajarkan untuk memilih hanya buah kopi merah, atau ceri matang. Hal ini sangat penting, sebagai control kualitas specialty kopi. Ini adalah transisi yang sulit untuk pemilik kebun untuk membuat ‘pola baru’ sebab sebagai pemetik biasanya dibayar oleh kuantitas petikan mereka namun pada perkebunan kopi specialty kopi, kualitas petikan kopi lebih diutamakan dengan pembayaran premi khusus untuk setiap hasil petik buah mereka.

Kesimpulan petik merah Specialty Kopi

Tidak ada yang sempurna, kadang-kadang buah kurang matang atau buah over matang jatuh ke dalam karung. Jadi pemilik kebun harus mengambil langkah lebih lanjut dan melakukan proses seleksi tangan untuk memastikan hanya buah merah yang akan diproses ke tahapan Specialty Kopi selanjutnya.

Source : perfectdialygrind

Incoming search terms:

  • beda specialty Dengan premium
Specialty Kopi vs Komersial Kopi, 3 Kunci Perbedaan Proses - Apa yang membuat kopi specialty kopi begitu istimewa? Jika dikaji dari kualitas biji tentu specialty kopi lebih baik  daripada biji kelas komersial, tapi mengapa? Apakah hanya itu saja perbedaan dari keduanya? Specialty Kopi Review Ada sejumlah pekerjaan rinci yang digunakan untuk memproduksi kopi khusus berkualitas tinggi. Misalnya penggunaan pupuk khusus, ketinggian yang pas seta perlakuan khusus lainnya. Untuk menghasilkan biji (green bean) khusus, Ada beberapa rentetan proses panjang yang harus diperhatikan. Setidaknya ada 3 titik perbedaan antara specialty kopi dan komersial kopi sebagaii poros untuk memperoleh secangkir kopi yang baik.…

User Rating: Be the first one !

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Dampak kopi bagi ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal

Dampak Kopi Pada Kesehatan Ginjal- Saat ini, kopi bukanlah lagi minuman baru bagi berbagai kalangan, bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »