Breaking News
Home » Berita » Mengenal Varian Wine Coffee?
Mengenal Variant Wine Coffee
Mengenal Variant Wine Coffee

Mengenal Varian Wine Coffee?

Meneganal Varian Wine Coffee? – Indonesia selain kaya akan sumber daya alam, masyarakatnya juga kreatif dan inovatif. Setelah kopi luwak, kini ada wine coffee atau Natural process. Dan tentu saja, wine coffee bebas alkohol dan aman dikonsumsi. Awalnya, cara pembuatan kopi natural pertama kali ditemukan di Gayo, Aceh. Kopi yang digunakan adalah jenis Arabica Gayo yang tumbuh di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan dipetik tepat pada waktunya.

Wine coffee merupakan hasil fermentasi alami dan prosesnya tentu tidak sembarangan. Kopi yang tumbuh di ketinggian 1500 meter memiliki waktu panen yang berbeda dengan kopi yang tumbuh lebih rendah. Saat panen pun jumlah buah tidak sebanyak kopi lainnya. Biasanya biji kopi dipisahkan dahulu dengan kulitnya kemudian dijemur. Namun untuk varian jenis ini, kopi dijemur bersama dengan kulitnya yang lebih tebal selama kurang lebih 60 hari, bahkan ada yang sampai 145 hari, sampai benar-benar kering. Getah yang terkandung di dalam kulit kopi inilah yang diserap ke dalam biji kopi selama proses fermentasi. Kopi Arabica yang memang memiliki kadar asam yang lebih tinggi menjadi lebih asam karena penyerapan getah tersebut sehingga rasa kopi yang dihasilkan pun mirip seperti wine, hasil fermentasi anggur. (Baca Juga :Rantai Ekspor Kopi Indonesia)

wine coffee
Credit : Hercampus (wine coffee) 

Processing Wine Coffee

Setelah kering kopi tersebut akan dipisahkan dengan kulitnya. Proses ini juga perlu hati-hati, karena jika kulit pecah bersama dengan biji kopi, maka dapat dikatakan tidak layak untuk dijual. Dari sini dapat dibayangkan bagaimana harga Varian wine dengan proses Natural karena prosesnya yang rumit. Haraga untuk wine coffee dalam bentuk green bean rata-rata di pasar adalah Rp 500.000, sedangkan yang sudah melalui proses roasting atau grinding halus, harganya dapat mencapai Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000.

Sama seperti kopi lainnya, wine coffe juga dapat diseduh dengan berbagai metode. Menurut berbagai review, wine coffee benar-benar memiliki rasa yang unik. Ada yang merasakan sensasi soda, rasa asam yang lebih kuat dengan sedikit rasa manis dan pahit, bahkan ada yang menyarankan untuk meminumnya bersama gula merah.(Windy)

Incoming search terms:

  • proses wine dan hiney
  • wine kopi processing
  • wine process coffee#scso=uid_lTzsWrDQPIbwvgTL05jYBA_0:0

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »