Breaking News
Home » Berita » Kopi sachet, Bahayakah ?
Kopi Sachet, Bahayakah
Kopi Sachet, Bahayakah

Kopi sachet, Bahayakah ?

Kopi sachet, Bahayakah ? – Ada statement dikalangan pecinta kopi yaitu “tidak ada hari tanpa kopi”. sehingga banyak pecinta kopi yang berupaya agar dapat menikmati kopi disela-sela kesibukan yang dialaminya. Hingga akhirnya, tentu saja kopi instan atau kopi sachet yang menjadi solusinya. Tidak hanya itu, kopi instan mampu menawarkan pengalaman meminum kopi dengan cita rasa yang nikmat, setara dengan secangkir kopi dari kafe yang berkelas namun dengan harga yang lebih ekonomis. Jadi, hanya dengan bermodalkan uang dua ribuan, penikmat kopi dapat mencicipi kopi setiap harinya. Bila menyeduh kopi sendiri, tentu akan memakan waktu yang tidak sedikit dan untuk mendapatkan cita rasa yang high quality, tentu saja harus merogoh saku yang cukup dalam bila dibandingkan dengan kopi sachet.

Namun, dibalik tawaran yang menggiurkan dari sebungkus kopi instan, terdapat suatu fakta yang harus diketahui oleh pecinta kopi, terutama bagi pecandu kopi sachet tersebut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Ahmad Subagio yang merupakan seorang pakar pertanian dan juga seorang peneliti dari Universitas Jember, Jawa Timur, beliau mengatakan bahwa kandungan krimer nabati yang ada di beberapa produk kopi instan berpotensi menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi krimer nabati yang terdapat pada kopi instan dalam jumlah yang berlebihan dan dalam rentang waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah. (Baca Juga : Kopi Indonesia di Mata Dunia)

Kopi sachet
Credit : beauty woman

Prof. Ahmad Subagio juga mengatakan “krimer nabati tidak dapat dicerna secara sempurna oleh tubuh dan terlalu banyak mengonsumsi krimer, setara dengan mengonsumsi kolestrol kering karena tidak bisa dicegah oleh tubuh”.

Bahaya Konsumsi Kopi Sachet/ Kopi Instan

Ada beberapa bahaya lagi, bila mengonsumsi kopi secara terus menerus, yaitu besarnya peluang terjadinya diabetes karena kebanyakan kopi instan mengandung gula atau pemanis buatan. Namun, bila sudah terlanjur kecanduan dengan kopi instan, ada baiknya diimbangi dengan mengonsumsi air putih lebih banyak.

Kopi sachet Dapat juga menyebabkan terjadinya sakit jantung karena kadar kafeinnya yang sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh proses sangrainya dilakukan dengan suhu yang kecil, sehingga kandungan kafein dan asam dalam kopi tidak mengalami penurunan. Hal itu dilakukan agar kopi tidak berwarna hitam.

Selain itu, dapat menyebabkan hipertensi dan kolestrol jahat karena krimer dalam kopi instan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Serta, warna putih pada kopi itu didapat dari ekstrak gula atau minyak nabati yang diekstraksikan dan proses ekstraksi tersebut menggunakan bahan kimia yang memicu terjadinya kanker.

Bagi pecinta kopi yang telah kecanduan pada kopi instan, perlu diketahui bahwa kopi instan bukanlah kopi tapi lebih kepada perasa kopi. kopi instan tidak mengandung kopi 100%, tapi cendrung pada rasa kopi buatan yang rasanya mirip seperti kopi. (Ramadhani)

About Sada

The Origin Gayo Specialty Coffee for Special people

Check Also

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan

Kopi Jagung, Trend Kopi Masa Penjajahan- Kopi luwak, kopi gula aren, dan kopi jagung merupakan hasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »